Jokowi Tanggapi Dingin Keogahan Ahok Ikuti Instruksinya

Foto: Sayangi.com/Emil

Jakarta, Sayangi.com – Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) menangapi dingin pernyataan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang isayaratkan tidak akan ikuti Instruksi Gubernur (Ingub) tentang pelarangan penggunaan mobil pribadi.

“Besok dilihat”, Ungkapnya di Balaikota, Jakarta (02-01-2014).

Menurut Jokowi, segala ketentuannya akan berlaku sebagaimana aturan yang telah terintegrasi dalam paket Instruksi Gubernur (Ingub)

“Ya instruksinya seperti itu”, katanya sekali lagi saat ditanya tentang tanggapan dirinya atas statement penolakan Ahok.

Pada prinsipnya, Jokowi menjelaskan, Instruksi Gubernur tersebut tidak dalam pemaknaan melarang. Menurutnya, hal itu demi meminimalisir kebiasaan masyarakat dalam menggunakan mobil pribadinya.

“Kita ini khan ingin membiasakan. Bukan hanya sebulan sekali aja kok. Nanti kalau bus way-nya jumlahnya sudah cukup, Bisa saja sebulan empat kali. Bisa aja seminggu dua kali. Bisa aja seminggu jadi empat kali. Ini kan baru memulai sehingga hanya sebulan sekali,” ujarnya.

Dinyatakan Oleh Jokowi Ingub tersebut diterbitkan dengan sifat mengikat sebagai salah satu item yang muara tujuannya untuk mengurangi kemacetan.

Diketahui, Kamis Siang, (02-01-2014), Ahok berstatement tidak perlu baginya mengikuti Ingub menyangkut pelarangan mobil pribadi bagi PNS di lingkungan Pemprov DKI.

“Saya pake mobil pribadi. Kan kita juga enggak ada kewajiban. Kita bukan PNS kok. Cuma kan kita kasih contoh. Kan kalau memang lebih merepotkan (naik angkutan), ya enggak bisa. Itu yang mau kita tunjukkan ke warga DKI”, Pernyataannya di Balaikota, Jakarta (02-01-2014). (S2)