52 Orang Ini Selamat, Setelah Seminggu Terjebak di Antartika

Foto: AFP

Antartika, Sayangi.com – Seluruh 52 penumpang kapal penelitian Shokalskiy yang terjebak di kutub selatan berhasil dievakuasi oleh tim penyelamat.

Voice of America (VOA) melaporkan, para penumpang diangkut menggunakan helikopter pada Kamis (2/1) waktu setempat. Para penumpang kapal riset Rusia itu terjebak di lautan es Antartika selama lebih dari sepekan, berhasil diselamatkan lewat udara oleh sebuah helikopter bantuan yang akhirnya dapat mendarat di dekat kapal.

Chris Turney, salah seorang ilmuwan di kapal itu memposting sebuah pesan di Twitter yang mengatakan semua penumpang berhasil dipindahkan ke kapal pemecah es Australia dengan selamat. Para penumpang – termasuk ilmuwan, turis, dan wartawan – dipindahkan ke kapal Australia itu dengan helikopter secara bertahap. Helikopter hanya mampu mengangkut maksimal 12 penumpang dalam satu kali penerbangan.

Kapal pemecah es Australia kini akan menempuh perjalanan selama satu pekan menuju daratan. Badai menghalangi usaha-usaha evakuasi sebelumnya dengan helikopter. Kapal-kapal pemecah es dari Cina, Australia, dan Perancis juga gagal mencapai kapal Rusia itu sebelumnya. (MSR)

Berita Terkait

BAGIKAN