Lolos Seleksi, 1.000 Orang Calon Penghuni Mars

Ilustrasi foto: BBC

Amsterdam, Sayangi.com – Sekitar 1.000 orang telah terpilih dan akan diseleksi lagi sebelum diputuskan 24 orang yang akan betul-betul berangkat dan tinggal di Planet Mars, menjadi koloni manusia pertama di planet tersebut.

Mereka akan menjadi penghuni tetap, karena pesawat yang digunakan bukan pesawat ulang-alik, tapi pesawat sekali terbang yang tak akan kembali ke Bumi. Panitia seleksi, perusahaan asal Belanda Mars One menyatakan, ke-1000 orang itu berasal dari 140 negara.

Mereka disaring dari total 200.000 peminat yang menyatakan bersedia untuk menjalani misi sekali jalan itu. Mars One mengatakan, para calon peserta memenuhi kriteria utama yaitu memiliki semangat tinggi, mampu menilai situasi dan mengambil keputusan, bisa bekerja sama, bebas penyakit dan bebas narkotika serta fasih berbahasa Inggris. Persyaratan di atas dianggap sudah mewakili “sifat-sifat manusia yang terpuji”.

Mereka tidak akan kembali ke Bumi karena biaya untuk perjalanan ulang-alik sangat mahal. Jarak dari Bumi ke Mars sendiri ditempuh dalam waktu enam bulan dan perusahaan tersebut akan membuat program televisi yang akan mengabadikan secara langsung perjalanan itu, sekaligus diharapkan menjadi sumber uang untuk membiayai seluruh rencana futuristik tersebut.

Dalam periode dua tahun mendatang, calon peserta yang terpilih akan menjalani serangkaian tes untuk menguji kekuatan fisik dan mental mereka. Penyaringan akan terus berlanjut hingga terpilih 24 orang yang akan mulai diberangkatkan pada tahun 2024 mendatang. (MSR/BBC)

Berita Terkait

BAGIKAN