PlayStation Tawarkan Game PS4 Tanpa Konsol

Foto: BBC Indonesia

Sayangi.com – Sony mengumumkan gebrakan terbarunya di arena game berbasis virtual, dan berencana membolehkan PlayStation dimainkan pelanggan tanpa menggunakan konsol.

Game yang disediakan tanpa konsol ini nantinya menurut Sony termasuk pilihan yang selama ini paling banyak dimainkan penggemar di seluruh dunia.

Cara kerjanya adalah dengan pancaran (streaming) data dari server Sony.

TV pintar edisi terbaru Sony akan dilengkapi alat yang bisa menunjang fasilitas ini, meski perusahaan teknologi asal Jepang itu juga berencana menawarkan kerjasama layanan ini pada pihak ketiga.

“Aset yang luar biasa besarnya,” komentar pakar teknologi tentang strategi Sony ini.

“Anda bisa bayangkan ratusan tahun sumberdaya manusia yang dikerahkan untuk membangun layanan ini dan sekarang mereka bisa mendapat nilai darinya untuk waktu sangat lama di masa depan,” kata Brian Blau dari lembaga konsultan teknologi Gartner.

Peran Gaikai
Sony menjanjikan layanan percobaan terbatas di AS akhir bulan ini sementara layanan ke seluruh dunia ditargetkan mulai pada musim panas tahun ini.

Peran konsol selanjutnya juga akan bisa diambil alih dengan penggunaan tablet dan ponsel pintar. Tak dijelaskan lebih rinci bagaimana teknologi ini dijalankan.


PlayStation dan Xbox menjadi dua pemain kunci dalam industri game berkonsol dunia.

Pengumuman ini dinyatakan di arena Pameran Elektronik Konsumen (CES) di Las Vegas.

Fasilitas terbaru besutan Sony ini adalah karya Gaikai, sebuah perusahaan teknologi game rintisan baru, yang dibeli raksasa teknologi itu seharga US$380 juta dua tahun lalu.

Dulu raksasa teknologi Korea, Samsung, sempat menyatakan juga akan berkongsi dengan Gaikai untuk menciptakan TV yang bisa dipakai memainkan game.

Pasar game dunia sejak akhir tahun lalu makin marak diperebutkan oleh dua nama besar: PS4 dan Xbox One.

Sony menyatakan sudah menjual 4,2 juta konsol PlayStation 4 sampai Desember lalu.

Pesaingnya, Xbox One buatan Microsoft, dijual dengan harga lebih mahal tetapi dilengkapi dengan sensor Kinect.

Sampai akhir 2013, menurut Microsoft sudah terjual 3 juta unit Xbox One. (BBC Indonesia)

Berita Terkait

BAGIKAN