Irman Gusman: Jangan Serahkan Kedaulatan Pangan Kita ke Asing

Foto: Sayangi.com/Fahri Haidar

Jakarta, Sayangi.com – Cita-cita dasar bangsa ini adalah mencapai Indonesia adil dan makmur, yaitu hidup sejahtera dan merata, bebas dari kemiskinan dan kebodohan serta tidak tergantung oleh bangsa lain.

Demikian disampaikan ketua Dewan Perwakilan Daerah Irman Gusman saat temu Meet The Press peserta Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat di Jl Patiunus, Kebayoran, Jakarta Selatan, Rabu (8/1).

Menurutnya, apa yang dilakukan Partai Demokrat adalah terobosan politik baru yang mengundang kader terbaik bukan hanya di internal partai, tapi juga bangsa ini.

“Saat ini adalah era kompetisi. Negara kita merupakan negara nomor 16 ekonomi terbesar dunia dan terbesar di Asia Tenggara,” tuturnya.

Kata Irman, yang jadi masalah adalah kesenjangan sosial ekonomi yang sangat tinggi di bangsa ini di mana 0,2 persen penduduk menguasai 52 persen ekonomi.

“Sektor modern punya kontribusi besar atas kesenjangan di bangsa ini di mana mayoritas tenaga kerja kita masih kurang secara ekonomi,” jelasnya.

Jika terpilih, Irman menawarkan 4 solusi yaitu memacu pertumbuhan sektor pertanian dengan melakukan revitalisasi pertanian, land reform, dan perbankan untuk petani.

Lalu, lanjutnya, memicu pertumbuhan sektor industri manufaktur, meningkatkan daya saing daerah dan penyerapan tenaga kerja sehingga kemiskinan akan turun.

“Kita tidak boleh menyerahkan kedaulatan pangan kita kepada asing. Jangan ada lagi impor bahan pangan,” tegas ketua DPD itu.

Soal penanganan korupsi, Irman menyarankan tindakan preventif seperti pendidikan anti korupsi dan pembuktian terbalik agar tak ada lagi yang ditutupi.

“Kalo pemberantasan hanya seperti ini, maka korupsi tidak akan habis,” imbuhnya.(GWH)

Berita Terkait

BAGIKAN