Pompa Tak Berfungsi, Warga Kemayoran Kebanjiran

Foto: Sayangi.com/Emil

Jakarta, Sayangi.com – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Bambang Surya Putra menyebut hujan besar yang melanda Jakarta, Rabu (8/1) telah menyebabkan tiga RT di Kemayoran, Jakarta Pusat kebanjiran.

“Informasi yang masuk ke kami, air sampai ke rumah warga, kira-kira tiga RT. Tapi tinggi airnya baru mencapai 40 cm. Kalau yang 80 cm itu yang di jalan raya,” katanya saat dihubungi, Rabu (8/1).

Banjir yang berupa genangan air setinggi 80 cm tersebut di antaranya terjadi di Jalan Kemayoran, Gang Bungur, Jakarta Pusat.

Bambang mengaku sebelumnya telah diinformasikan kepada seluruh warga untuk antisipasi dini dengan melakukan koordinasi pada pihak kelurahan setempat akan datangnya banjir.

“Karena kita sudah pusatkan penanggulangan bencana di tiap kelurahan. Jadi sewaktu-waktu warga sudah tak memungkinkan untuk bertahan di rumah, dapat mengungsi ke tempat-tempat yang sudah kita sediakan. Informasi itu lengkap di kelurahan,” beberanya.

Bambang menambahkan, mestinya banjir tidak sampai terjadi seandainya alat pencegah banjir yang telah disiapkan Pemprov DKI bisa dioperasikan.

“Genangan itu juga diakibatkan pompa di pintu air Ancol itu masih belum dapat dioperasikan. Jadi kami imbau pada warga, untuk tetap waspada akan bahaya banjir,” terangnya.(GWH)