Ternyata Adnan Buyung yang Sarankan Anas Mangkir dari KPK

Foto: Sayangi.com/Dok

Jakarta, Sayangi.com – Rupanya ada Adnan Buyung Nasution di balik mangkirnya Anas Urbaningrum dari panggilan tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Adnan Buyung-lah yang menyarankan agar Anas tak memenuhi panggilan KPK.

Juru Bicara Perhimpunan Pergerakan Indonesia (PPI) Ma’mun Murod Al-Barbasy membenarkan bahwa Adnan, yang menyarankan Anas tak memenuhi panggilan KPK. Adnan Buyung Nasution sebagai ketua tim pengacara Anas, lanjut Ma’mun, menilai bahwa panggilan tersebut sangat kental dengan aroma persaingan politik.

“Pak Buyung menyarankan agar Anas tak memenuhi panggilan KPK karena dalam sprindik KPK yang dikirim ke Anas tak menyebutkan kasus secara secara jelas. Saya rasa wajar saran tersebut dan kita pahami,” kata Ma’mun, dalam sebuah wawancara di salah TV swasta, Rabu (8/1).

Sebelumnya, Ma’mun memastikan, bahwa Anas Urbaningrum tidak bisa hadir dalam pemeriksaan sebagai tersangka dalam kasus penerimaan hadiah dari proyek pembangunan sarana dan prasarana Pusat Pendidikan dan Pelatihan Sekolah Olahrga Nasional (P3SON) Hambalang, Jawa Barat.

“Pertama Mas Anas untuk hari ini tidak bisa datang memenuhi panggilan KPK. Nanti penjelasannya dari pengacara AU,” ujar Ma’mun Murod di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (7/1).

Ma’mun menjelaskan ketidakhadiran Anas karena alasan hukum yang menjeratnya belum jelas di mana letak kesalahan yang dilakukan oleh mantan Ketua Umum Partai Demokrat tersebut.

“Pointnya Anas sampai saat ini belum paham dia diberi status sebagai tersangka. Karena kalo disprindiknya ada kata-kata Anas melakukan tindak pidana korupsi karena menerima hadiah dari kasus Hambalang dan proyek lainnya,” jelasnya.

Ma’mun juga meminta kepada pihak KPK untuk menjelaskan proyek-proyek lainnya. Jika tidak dijelaskan maka Anas tidak akan hadir lagi dalam pemanggilan pemeriksaan berikutnya.

“Kalo AU tidak juga memperoleh penjelasan mengenai itu, ini juga menjadi pertimbangan AU untuk tidak mendatangi panggilan yang berikutnya,” terangnya.(GWH)

Berita Terkait

BAGIKAN