Biaya ‘Jalan-Jalan’ DPR Bertambah Rp2 Miliar

Foto: ichsanx

Bekasi, Sayangi.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, mengalokasikan anggaran perjalanan dinas anggota DPRD 2014 sebesar Rp17 miliar. Anggaran ‘jalan-jalan’ ini naik sekitar Rp2 miliar dari alokasi kegiatan yang sama pada tahun lalu.

“Kenaikan itu karena ada penambahan pembahasan peraturan daerah (perda) dari tahun sebelumnya sebanyak 17 kegiatan menjadi 19 kegiatan pada tahun 2014,” kata Sekretaris DPRD Kabupaten Bekasi Jepi Hendra di Cikarang, Rabu (8/1/2014)

Menurut dia, alokasi dana tersebut diperuntukan bagi pembahasan program legislasi daerah (prolegda) dalam penyusunan rancangan peraturan daerah (raperda).

Sementara itu, Ketua Badan Kehormatan Dewan (BKD) Kabupaten Bekasi Marja Ibrahim mengingatkan bahwa anggaran tersebut hanya diperuntukan bagi anggota Dewan yang ikut dalam agenda perjalanan dinas.

Menurut dia, anggaran tersebut dijatah Rp1 juta hingga Rp2,5 juta per anggota Dewan dalam satu perjalanan dinas setiap harinya.

“Pada tahun 2013, masih ada oknum yang hanya mengambil jatah perjalanan dinas tanpa ikut dalam perjalanan tersebut,” jelasnya.

Marjaya mengatakan bahwa Badan Musyawarah (Banmus) bersama BKD telah menyepakati mulai 2014 anggaran tersebut tidak diberikan kepada anggota Dewan yang mangkir dari perjalanan dinas.

“Kalau anggota Dewan positif menjalani tugas, sudah pasti penggunaan anggaran itu benar,” katanya.