KKP Akan Tingkatkan Ekspor Perikanan Nasional

Antara

Jakarta, Sayangi.com – Kementerian Kelautan dan Perikanan bakal terus meningkatkan jumlah produksi guna menggalakkan ekspor perikanan nasional yang juga bermanfaat untuk mengurangi defisit perdagangan Indonesia.

“Dari data pertumbuhan nilai ekspor dari 2011-2012, produk perikanan rata-rata terjadi kenaikan hingga 11,62 persen, jauh di atas pertumbuhan ekspor nasional yang hanya minus 6,25 persen,” kata Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo di Jakarta, Rabu.

Sebaliknya, ujarnya, nilai impor perikanan dari periode 2011-2012 terus mengalami penurunan hingga minus 15,49 persen, di bawah nilai impor nasional 9,40 persen.

Menteri Kelautan dan Perikanan memaparkan neraca perdagangan tahun 2012, perikanan mengalami surplus 3,52 miliar dolar AS atau 81,11 persen dari total transaksi perdagangan impor.

Nilai ekspor hasil perikanan, lanjutnya, sudah mencapai 4,19 miliar dolar AS. Kenaikan itu juga diikuti dengan menurunnya jumlah kasus penolakan ekspor hasil perikanan per negara mitra tahun 2013 masih di bawah 10 kasus.

Ia menegaskan program industrialisasi kelautan dan perikanan memang sudah menjadi konsen KKP sehingga upaya peningkatan kinerja ekspor terus dilakukan.

KKP, ujar dia, antara lain telah melakukan peningkatan utilitas kapasitas industri untuk ikan kaleng cakalang, ikan kaleng sardin, ikan tuna loin segar dan beku, udang beku dan olahan, serta katsuebushi cakalang dan tuna rebus. (MD/Ant)