India Balas Dendam, Batasi Aktivitas Komersial AS

Foto: Reuters

New Delhi, Sayangi.com – Tindakan balas dendam India itu diambil sebagai pembalasan atas penangkapan dan penggeledahan seorang diplomat India di New York beberapa waktu lalu.

Pemerintah India minta Amerika Serikat supaya menghentikan semua kegiatan komersial yang berhubungan dengan sebuah klub yang ada di kompleks Kedutaan Besar Amerika di New Delhi. Kementerian luar negeri India hari Rabu (8/1) mengumumkan, mereka memberi waktu Kedutaan Amerika hingga 16 Januari untuk melarang orang-orang yang bukan diplomat untuk menggunakan fasilitas yang disediakan oleh Kedutaan AS itu.

Para diplomat dan orang-orang Amerika yang tinggal di India biasanya membayar ribuan dolar per tahun untuk menjadi anggota klub yang disebut American Community Support Association itu, yang menyediakan fasilitas restoran, bar, kolam renang, ruang senam, tempat main bowling dan lain-lain.

Tindakan India itu diambil sebagai pembalasan atas penangkapan dan penggeledahan seorang diplomat India di New York yang dituduh membayar pembantu rumah tangganya dengan upah yang jauh di bawah upah minimum. Pemerintah India juga telah mencabut kekebalan diplomatik dari para diplomat Amerika yang terlibat pelanggaran lalu lintas.

Ini adalah tindakan pembalasan paling baru yang dilancarkan India setelah petugas polisi Amerika menangkap diplomat India Devyani Khobragade tanggal 13 Desember lalu atas tuduhan berbohong ketika mengisi formulir permohonan visa bagi pembantu rumah tangganya.

Pemerintah Amerika mengatakan, diplomat itu bisa dihukum penjara 10 tahun kalau dinyatakan bersalah. (MSR/VOA)

Berita Terkait

BAGIKAN