Tips Menjaga Kulit Tetap Cantik dan Sehat di Musim Hujan

Foto: art-koral.blogspot.com

Jakarta, Sayangi.com – Musim hujan sudah tiba, nyaris setiap hari rasanya tidak ada daerah yang luput dari guyuran air hujan. Maka sudah sangat wajar apabila udara dingin begitu terasa, baik malam, pagi maupun siang hari. Untuk menjaga agar badan tetap hangat, anda dapat dengan mudahnya mengandalkan selimut ataupun jaket saat bepergian. Namun sadarkah anda bahwa ternyata kulit kita juga butuh penyesuaian terhadap kondisi dingin tersebut?

Memang secara tidak langsung cuaca dingin dapat memengaruhi kesehatan dan juga kecantikan kulit. Biasanya pada saat musim dingin, kulit akan cenderung menjadi kering dan bersisik. Hal tersebut terjadi biasanya seiring dengan menurunnya suhu udara. Namun agar kulit anda tetap dalam kondisi terjaga, cobalah lakukan beberapa hal berikut dibawah ini :

Gunakan pelembab
Jika anda termasuk salah satu yang memiliki kulit kering dan sensitif, maka gunakanlah pelembab yang mengandung moisturizer dan juga yang mengandung formula susu yang banyak. Cobalah untuk meningkatkan intensitas pemakaian lotion ini agak lebih sering. Namun jika anda si pemilik kulit berminyak atau kombinasi, maka anda tidak perlu mengganti pelembab ataupun menambah frekuensi pemakaian pelembab. Selain itu, jangan lupa untuk selalu mencari pelembab yang tepat terutama pada musim dingin seperti ini.

Jauhi bahan alkohol
Khusus pada cuaca atau musim dingin seperti sekarang ini cobalah untuk sedikit menjauh dari parfum yang mengandung alkohol. Karena pada dasarnya alkohol dapat menigkatkan resiko alergi pada kulit dan membuat kulit menjadi kering.

Gunakan scrub dengan baik
Pada musim atau cuaca yang cenderung dingin sebaiknya penggunaan scrub dikurangi. Pada dasarnya scrub memang sangat baik untuk menghilangkan sel-sel kulit mati, namun ketika cuaca dingin menyerang, biasanya kulit kita akan cenderung menjadi kering dan penggunaan scrub yang sering akan menyebabkan kulit menjadi iritasi. Ada baiknya gunakan scrub 1 kali dalam seminggu saja selama cuaca dingin.

Bersihkan wajah dengan air
Pada cuaca dingin, jika biasanya anda membersihkan wajah menggunakan sabun pembersih lebih dari satu kali dalam sehari. Maka ketika musim dingin sebaiknya anda membersihkan muka dengan menggunakan sabun pembersih cukup satu kali saja dalam sehari. Selebihnya anda dapat menggunakan air untuk membasuh muka anda.

Hindari mandi terlalu lama
Jika biasanya anda memerlukan waktu yang lumayan lama untuk menghabiskan waktu memanjakan dan membersihkan kulit anda di kamar mandi, maka hindarilah mandi terlalu lama pada cuaca yang dingin. Hal tersebut dikarenakan jika anda terlalu lama menghabiskan waktu dikamar mandi maka molekul-molekul dalam tubuh anda akan menguap dan membuat kulit anda menjadi kering. Setidaknya cukup 10 sampai 15 menit saja anda habiskan waktu untuk mandi. Selain itu jangan lupa mengenakan lotion atau pelembab setelah mandi.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Berita Terkait

BAGIKAN