Truffle Si Jamur Termahal di Dunia

www.decanter.com

Jakarta, Sayangi.com – Dari sekian banyak jenis jamur yang pernah ada dan dapat dimakan, ada satu jenis jamur langka yang menjadi primadona dari semua jenis jamur. Ya, jamur Truffle, jamur ini masuk ke dalam kategori menjadi jamur paling mahal di dunia karena kelangkaannya.

Jamur dengan nama latin tuer magnatum ini berasal dari suatu wilayah yang bernama Piedmont di Italia Utara. Jamur jenis ini biasanya tumbuh pada akar pohon ek dan hazel di kedalaman 5-40 cm di dalam tanah. Tidak mudah memang untuk dapat menemukan jamur ini. Biasanya para pencari jamur Truffle akan menggunakan bantuan anjing yang telah dilatih untuk dapat menemukan jamur ini. Namun meskipun memiliki harga yang mahal karena tingkat kesulitan menanam dan juga mendapatkannya, jamur Truffle tetap merupakan salah satu jamur yang selalu dicari dan banyak dikonsumsi orang.

Jamur Truffle ini sendiri terdapat 4 jenis, yakni White Truffle, Black Truffle, Chineese Truffle dan Summer Truffle. Semua jenis jamur Truffle ini memiliki harga jual yang sangat tinggi, meskipun harga ketiganya juga terbilang cukup mahal, namun tidak ada yang dapat menandingi harga dari White Truffle. Di Eropa, jamur White Truffle dijual seharga hampir 33 juta untuk setengah kilogramnya.

   

Livejournal.com
    
Jamur Truffle yang memiliki tekstur kulit luar tebal dan lembut ini disamping merupakan makanan mewah juga terkenal sangat lezat ketika dikonsumsi. Beberapa khasiat yang terkenal dari jamur Truffle ini salah satunya adalah dapat meningkatkan nafsu seks. Untuk menu di restoran mewah yang memakai bahan baku jamur ini juga dijual dengan harga fantastis, yakni sekitar Rp1.350.000 per porsinya.

Jamur Truffle diperdagangkan layaknya obat-obatan terlarang. Hal tersebut dikarenakan khawatir akan terjadi pencurian oleh para preman. Olga Rubani adalah sebuah perusahaan yang mengontrol 70 persen perdagangan jamur Truffle di dunia. Biasanya setelah memanen, lalu jamur Truffle ini langsung dibawa ke pabrik Urbani untuk dicuci dan disortir menjadi beku atau dimasukan kedalam kaleng. Setelah itu jamur-jamur inipun dikirim ke beberapa restoran mewah dan dijual dengan harga fantastis per kilo nya. Bahkan pada tahun 2010 saat ada pelelangan di Makau, dikabarkan bahwa jamur Truffle ini terjual dengan harga Rp. 2.970.000.000 per satu kilogramnya. (VAL/men’s health/berbagaisumber)

Berita Terkait

BAGIKAN