Resto ini Mendenda Pelanggan yang Tidak Menghabiskan Makanan

www.greenprophet.com

Sayangi.com – Sebuah restoran bernama Marmar Restaurant yang terletak di kota Dammam, Arab Saudi memberlakukan denda kepada semua pengunjungnya yang kedapatan tidak menghabiskan makanan yang telah mereka pesan. Tidak hanya orang dewasa yang akan dikenakan denda, anak-anak pun tak luput dari peraturan tersebut.

Peraturan di restoran ini dibuat setelah sang pemilik restoran Fahad Al Anezi menyadari bahwa banyak pengunjung di restorannya yang memesan makanan hanya untuk memberi kesan mewah kepada orang-orang di sekitar mereka dan juga sebagai cara untuk meningkatkan status sosial mereka. Sementara itu, di lain sisi Fahad juga menyaksikan pemberitaan mengenai kelaparan di Somalia. Di negara ini para penduduknya sangat sulit untuk mendapatkan makanan layak.

Miris akan kondisi yang terjadi itulah akhirnya Fahad memutuskan untuk memberlakukan denda kepada semua pengunjungnya yang tidak menghabiskan seluruh makanan yang telah dipesan. Hal tersebut dilakukan sebagai bagian untuk mencegah pemborosan makanan dan mengurangi pemborosan pesanan.

Jika dalam satu meja kedapatan ada pengunjung yang tidak menghabiskan makanan yang telah dipesannya, maka si pengunjung tersebut akan membayar denda saat membayar pesanan. Sisa makanan di meja akan dihitung dan ditambahkan dengan biaya makan atau pesanan mereka di awal. Ternyata ide Fahad ini juga telah mendapat dukungan dari pemerintah Arab Saudi untuk mengurangi sampah makanan.

Setelah Fahad memberlakukan denda di restorannya ini, pada kenyataannya banyak pengunjung restoran Fahad yang akhirnya menyadari bahwa mereka telah belajar dari apa yang terjadi dan mereka hanya akan memesan makanan yang benar-benar mereka mampu untuk habiskan.

Sementara itu hasil dari uang denda para konsumennya dikumpulkan oleh Fahad dan didonasikannya untuk menolong negara-negara yang peduduknya menderita kelaparan. Bahkan atas aksinya ini Fahad Al Anezi sempat dijuluki Robin Hood. (VAL/odditycentral/berbagaisumber)

 

Berita Terkait

BAGIKAN