Eman Suparman: 6 Hakim Terlibat Korupsi Bansos Bandung

Foto: Sayangi.com/Bara Ilyasa

Jakarta, Sayangi.com – Komisioner Bidang Pengawasan dan Investigasi Hakim Komisi Yudisial (KY), Eman Suparman usai melakukan koordinasi dengan Ketua KPK Abraham Samad dan Deputi Penindakan Warih Sadono.

Eman mengatakan dalam koordinasi tersebut terpidana mantan Hakim siap menjadi justice collaborator yang menyangkut beberapa hakim lain di Pengadilan Tinggi Jawa Barat. Hakim yang ingin menjadi Justice Collaborator tersebut ialah terpidana kasus korupsi bantuan sosial (bansos) Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, Setyabudi Tedjocahyono.

“Saya habis berkordinasi dengan Pak Ketua KPK dan pak deputi penindakan karena komisi yudisial menerima laporan dari terpidana mantan hakim yang dia katakan dia bersedia menjadi justice collaborator,” ujar Eman Suparman, Jakarta, Kamis (9/1).

Eman juga menyebut keterlibatan dari hakim adhoc Pengadilan Negeri Bandung, Ramlan Comel dalam kasus dugaan suap penanganan perkara korupsi bansos Pemkot Bandung. Menurutnya Ramlan akan diputuskan statusnya oleh Mahmakah Agung.

“Dia akan segera dibawa ke majelis kehormatan hakim atas usulan MA. Jadi kami tinggal menunggu penetapan dari ketua MA,” jelasnya.

Selain itu Eman juga membeberkan ada enam hakim yang terlibat dalam kasus tersebut. Namun, ia enggan memberikan nama-nama hakim yang terlibat tersebut.

“Waduh mohon maaf kalau namanya saya kira adik-adik sudah tahu saya tidak boleh menyampaikan karena itu harus jaga baik sebelum dinyatakan bersalah oleh pengadilan,” ungkapnya.(GWH)

Berita Terkait

BAGIKAN