Hayono Isman: Pemerintah Kita Tidak Solid

Foto: Sayangi.com/EmmanMG

Jakarta, Sayangi.com – Kondisi bangsa saat ini memacu warga negara untuk terus berlari lebih kencang. Jika menoleh ke belakang, ternyata Indonesia telah tertinggal dari negara-negara yang dulu setara, bahkan negara yang berada di bawah Indonesia.

Untuk itu, bangsa ini membutuhkan tiga hal agar segera dilaksanakan. Pertama membangun ekonomi yang kuat, kedua, terbentuknya pemerintahan yang solid, dan ketiga dibangkitkannya kembali hidup gotong-royong.

Hal inilah yang disampaikan Hayono Isman dalam Seri Kuliah Umum Kandidat Presiden 2014 yang diselenggarakan Soegeng Sarjadi Syndicate bertajuk “Menuju Negara Maju dan Kokoh: Membangun dan Menjahit Kekuatan Bersama”, di Four Seasons Hotel Jakarta, Kamis (9/1).

“Seringkali terjadi beda pendapat di antara anggota kabinet atau di jajaran pemerintah daerah. Misalnya dalam kasus impor kebutuhan pokok. Di sini terlihat pemerintahan tidak solid,” ujarnya.

Pemerintahan solid, lanjutnya, tidak harus dijalankan dengan dukungan satu partai. Di era demokrasi ini, sulit menghindar dari membentuk koalisi.

“Keliru jika pemerintah koalisi adalah pemerintahan yang lunak, yang kompromistis dengan kepentingan anggota koalisi,” jelas Hayono.

Hayono menjelaskan pemerintahan yang solid akan dihormati dan jadi panutan rakyat. Jika pemerintahan solid, negara akan kuat.

“Pemerintahan yang solid adalah pengejawantahan dari hidup gotong-royong,” imbuhnya.

Untuk itu, jelasnya, bangsa ini memerlukan kepemimpinan yang inklusif dan mampu menggerakan kekuatan bersama.(GWH)