Timnas U-19 Digembleng Pemahaman Taktikal

Foto: Antara

Sleman, Sayangi.com – Memasuki hari ke dua latihan di Lapangan Universitas Negeri Yogyakarta, Tim Nasional Usia 19 diberikan latihan pemahaman taktikal.

“Kami sudah memasuki periode ke dua latihan. Kali ini ditekankan di taktikal, perbaikan ‘skill’ serta pemahaman taktikal secara unit kami berikan,” kata pelatih Timnas U-19 Indra Sjafri, Kamis.

Menurut dia, nantinya para pemain U-19 ini juga akan menjalani peningkatan di Batu, Malang beberapa waktu lalu.

“Tahapan peningkatan stamina ini akan berjalan dengan waktu yang cukup lama. Kami akan mempersiapkan sebaik mungkin agar mencapai target yang diingkan. Sudah disiapkan sesi-sesi latihan untuk mencapai target yang diinginkan,” katanya.

Ia mengatakan, dalam memberikan program latihannya juga tidak akan meniru atau berkiblat dengan negara lain, tetapi memaksimalkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Indonesia.

“Kami tidak mau memakai baju orang lain, meniru cara orang lain. Selama ini, kami pakai baju orang lain, berkiblat ke Eropa atau Amerika Latin yang akhirnya muncul criteria yang tidak ada di Indonesia. Contohnya, tinggi badan harus sekian, kalau itu harus diinstruksikan kepada orang tua agar membikin anak yang tinggi-tinggi. Itu tidak bisa. Jadi, yang ada, pendek, atau semua, kita kembangkan,” katanya.

Indra mengatakan, setelah melakukan peningkatan stamina ini, nantinya akan melakukan 27 laga uji coba yang dibagi dalam tiga model. Yaitu tour Nusantara, Timur Tengah, Eropa dan Mini Turnamen yang dikemas seperti Piala Asia yang akan diikutinya nanti.

“Tour Nusantara, ada tujuh titik. Setiap titik ada dua pertandingan minimal atau tiga pertandingan maksimal,” katanya.

Ia mengatakan, uji coba yang akan dilaksanakan itu sudah masuk dalam tahap ketiga program latihan, yaitu selesai peningkatan stamina di Yogyakarta.

“Saat mini turnamen yang akan dilakukan di Jakarta, tim sudah harus benar-benar siap untuk ikut kompetisi Piala Asia di Myanmar,” katanya.

Pada latihan hari ke dua ini satu pemain yang cedera sudah kembali bergabung bersama rekan-rekannya untuk ikut berlatih. Yaitu, Septiawan David Maulana. Sementara, M. Syahrul Kurniawan yang berposisi di belakang belum bisa ikut karena masih dalam masa pemulihan.

“Masih ada Syahrul yang cedera. Tapi itu tidak masalah, tidak mengganggu proses latihan keseluruhan,” katanya. (ant)

Berita Terkait

BAGIKAN