Heli AS Jatuh Dikira Kecelakaan, Ternyata Ditembak Taliban

Foto: BBC

Washington, Sayangi.com – Para pejabat Amerika Serikat kini meyakini, gerilyawan Talibanlah yang merontokkan sebuah helikopter militer Amerika Serikat yang jatuh bulan Desember lalu di Afghanistan Selatan, dalam satu insiden yang pada awalnya dikira sebagai kecelakaan.

Enam tentara AS tewas ketika helikopter Blackhawk jatuh di Provinsi Zabul pada 17 Desember, tetapi keadaan yang tepat sekitar kecelakaan masih menjadi subyek yang membingungkan. “Keluarga para tentara yang tewas dalam kecelakaan helikopter 17 Desember telah diberitahu bahwa tindakan musuh yang menjadikan penyebab kecelakaan dan hilangnya nyawa,” kata Pasukan Bantuan Keamanan Internasional (ISAF) yang dipimpin NATO kepada AFP.

“Penyelidikan sedang berlangsung, dan rincian lebih lanjut akan diberikan ketika investigasi selesai,” kata ISAF.

Awalnya, para pejabat pertahanan AS mengatakan para penyelidik sedang melihat kemungkinan bahwa pesawat meledak dipicu oleh peledak buatan sendiri ketika terbang pada ketinggian rendah. Dalam beberapa jam setelah kecelakaan, petugas AS masih sempat menyarankan helikopter itu untuk turun karena ada kegagalan mekanis, kemudian awak pesawat mungkin telah diserang saat helikopter jatuh. (MSR/AFP/ANT))