WCC Laporkan Data Kekerasan Perempuan di Sumsel Tahun 2013

Foto: Ardhy

Palembang, Sayangi.com – Menurut data Womens Crisis Centre (WCC)  yang disosialiasilan pada jumpa pers di Sekretariat Rumah Ibu, di Palembang, sepanjang tahun 2013 tindak kekerasan terhadap perempuan di Sumatra Selatan mengalami penurunan dibanding tahun 2012. Pada tahun 2013 tercatat 234 kasus, sedangkan tahun 2012 sejumlah 237.

Direktur Eksekutif WCC, Yenni Izi, menyatakan, kekerasan yang dilakukan empat jenis, yakni Perkosaan dan pelecehan seksual, 101 kasus dengan persentase 43 persen, kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) 67 kasus dengan persentase 29 persen, trafficking sebanyak 26 kasus dengan persentase 11 persen dan kekerasan lainnya seperti kekerasan terhadap pacar (KDP) dan hubungan sexual sebelum menikah (bujuk rayu) pria sebanyak 9 kasus dengan persentase sebanyak 4 persen.

Siapa saja korban dan pelaku tindak kekerasan ini. “Korban dan pelaku sangat beragam mulai dari oknum sipil biasa hingga oknum PNS dan Polri/TNI,” kata Yenni.

Data yang dilansir oleh WCC ini berbeda dengan data yang data di kepolisian. ” Jika kepolisianhanya mendata kasus bilamana telah masuk P21, tetapi WCC mendata kasus begitu kejadian dan adanya aduan telah masuk hitungan,” ujarnya. (VAL)

Berita Terkait

BAGIKAN