Heboh, Presiden Afrika Selatan Gunakan Ilmu Sihir

Foto: Mail&Guardian

Cape Town, Sayangi.com – Setelah meninggalnya mendiang Nelson Mandela, kini masyarakat Afrika Selatan dihebohkan oleh pemberitaan media yang menyebut Presiden Jacob Zuma melakukan praktik ilmu sihir.

Untuk mengkalrifikasi isu yang meghebohkan itu, pihak istana kepresidenan Afrika Selatan akhirnya angkat bicara pada Jum’at (10/1). Istana menyebut bahwa laporan media yang mengatakan¬† Presiden Jacob Zuma melakukan praktek ilmu sihir sebagai suatu yang “mengelikan dan menyesatkan”.

Istana Presiden Afsel mengeluarkan pernyataan setelah beredar laporan bahwa Zuma berbicara di Desa KaNyamazane di Provinsi Mpumalanga, Afrika Selatan, pada Rabu (8/1) bahwa ia mennggunakan praktek ilmu sihir terhadap orang Kulit Putih.

“Saya dulu menggunakan ilmu sihir di sekitar sini, dan menyihir Boers selama apartheid,” kata Zuma sebagaimana dilaporkan.

Ketika menanggapi laporan itu, Juru Bicara Presiden mac Maharaj mengatakan tampaknya sebagian wartawan -yang barangkali tak mengerti Bahasa isiZulu- menafsirkannya secara harfiah dan kehilangan maknanya.

“Presiden, ketika berbicara di KwaNyamazane, Mpumalanga dalam Bahasa isiZulu, dalam dialog dengan pemirsa bagaimana, sewaktu beroperasi di pengasingan di Swaziland, ia dulu biasa menyusup ke Afrika Selatan melalui Daerah KwaNyamazane untuk melakukan kegiatan politik bawah tanah,” kata Maharaj, sebagaimana dikutip Xinhua.

“Mengingat cara ‘yang penuh tipu daya, rahasia dan misteri’ dari operasi bawah tanah semacam itu, mereka merujuknya secara bergurau sebagai ‘ukuthakatha’ (ilmu sihir), yang berisi pengertian ‘menyihir’ pemerintah dengan menipu mereka,” kata Maharaj.

Harian Daili Mail menyatakan Zuma dan Kongres Nasional Afrika (ANC), yang memerintah, berusaha memainkan kekhawatiran rasial di kalangan rakayat Afrika Selatan untuk meraih dukungan menjelang pemilihan umum 2014, yang direncanakan berlangsung pada April. (S2)

Berita Terkait

BAGIKAN