Forum Rektor Serius Cari Figur Capres Terbaik

Semarang, Sayangi.com – Forum Rektor Indonesia (FRI) menegaskan keseriusannya dalam membantu rakyat Indonesia mencari figur calon presiden terbaik pada 2014 dilihat dari program-program yang ditawarkan.

“Pada 2013 sampai 2014, agendanya memang politik, yakni membantu negeri ini supaya demokrasinya jalan, pemimpin yang dilahirkan pilihan rakyat,” kata Ketua FRI Prof Laode M Kamaluddin di Semarang, Sabtu (11/1), seperti dikutip Antara.

Hal itu diungkapkannya di sela peluncuran buku “Hebat; Kuliah Kehidupan Profesor Laode Yang Hebat dan Menghebatkan” yang menceritakan kepemimpinan Laode sebagai Rektor Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Meski masa jabatannya sebagai Ketua FRI selesai pada akhir Januari ini, Laode menjamin program FRI yang dicetuskannya itu akan tetap berjalan karena sudah menjadi kesepakatan kalangan perguruan tinggi.

“Saya pada akhir bulan ini (Januari 2014) juga sudah harus selesai sebagai Ketua FRI. Kepemimpinan FRI pindah ke Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Saya naik menjadi Ketua Dewan Pertimbangan FRI,” katanya.

Menurut Laode, keseriusan FRI untuk membantu mencari sosok pemimpin berkualitas itu tercakup dalam “Program Presiden Terbaik untuk Indonesia 2014” yang menggali dari program kerjanya, bukan sekadar figurnya.

“Program Presiden Terbaik untuk Indonesia 2014 titik. Sekarang lagi berproses, nanti di Solo akan bertemulagi. Setiap universitas harus mencari program-program capres yang terbaik,” katanya.

Hasil program-program yang disampaikan masing-masing capres yang diundang FRI, kata dia, akan didiskusikan dengan masyarakat melalui peran media massa agar masyarakat bisa menilai program yang terbaik.

“Bukan hanya pemimpin yang hanya sekadar populer, tetapi programnya yang populer. Yang kita mau cari itu program yang terbaik,” kata pria kelahiran Kaledupa, Wakatobi, Sulawesi Tenggara, 17 Agustus 1949.

Nantinya, kata Laode, hasil program-program yang disampaikan para capres itu akan disaring menjadi tiga terbaik untuk kemudian disodorkan kepada partai politik dan diusung pada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2014. (S2)