Kopi Hijau Ini Efektif Menurunkan Berat Badan

Foto: dmaa.org

Los Angles, Sayangi.com – Kopi, minuman berwarna hitam beraroma khas dengan citarasa yang unik dari setiap jenisnya, kini tak hanya dimanfaatkan sebagai minuman kala santai bahkan kala anda butuh suplemen untuk melawan rasa kantuk. Hasil penelitian terbaru mengatakan bahwa ada jenis kopi yang sangat efektif membantu penurunan berat badan. Ekstrak kopi ini diketahui sering digunakan produsen suplemen diet.

Adalah kopi hijau, jenis biji kopi dengan warna hijau yang memiliki banyak kandungan antioksidan tinggi yang dapat mengurangi kadar glukosa darah dan mempercepat metabolisme lemak di hati.

Menurut para ahli, kafein dalam ekstrak biji kopi hijau berperan penting mengurangi penyerapan lemak, sedangkan senyawa polifenol dan asam klorogenat mempercepat metabolisme lemak di hati. Asam klorogenat adalah senyawa golongan fenilpropanoid yang banyak ditemukan pada tumbuhan. Dalam biji kopi konsentrasi asam ini sangat tinggi.

”Ekstrak biji kopi hijau akan membantu orang menurunkan berat badan dengan cepat dan mudah. Anda dapat menurunkan berat badan bahkan ketika Anda makan lebih banyak kalori daripada yang Anda bakar. Dalam hal ini, kopi yang di gunakan adalah kopi yang telah memalui proses ekstrak dan di uji terlebih dahulu bukan kopi murni,” ujar Dr Lindsey Duncan di dalam acara tv Dr. Oz seperti dilansir dari CNN, Minggu (12/01).

Dalam sebuah penelitian  Green Coffee Bean Diet Study yang dipublish di LA Times, peserta diberi jumlah yang berbeda dari ekstrak biji kopi hijau pada waktu yang berbeda. Para responden yang mengikuti tes ini rata-rata memiliki  kelebihan berat badan.
 
Program latihan atau diet yang dilakukan berlangsung selama  22 minggu. Hasilnya menakjubkan, berat badan mereka rata-rata turun sekitar 17 pon dalam 22 minggu. Para ahli menegaskan bahwa hal tersebut bukanlah penurunan berat badan air, namun 16 persen lemak tubuh dan 10 persen dari berat badan mereka.

Sejak dulu, manfaat kopi memang dapat kita rasakan di kehidupan sehari-hari. Selain sebagai asupan suplemen menghilangkan rasa kantuk, kopi juga diketahui dapat menunda nafsu makan, membakar lemak.  Namun perhatikan juga efek sampingnya jika anda terlalu berlebih mengkonsumsinya, kopi punya daya candu tinggi bagi peminumnya. (VAL)