Pele: Ronaldo Layak Menang FIFA Ballon d’Or 2014

Foto: Twitter

Zurich, Sayangi.com – Legenda sepak bola Brasil Pele yang disambut karpet merah saat menghadiri jamuan makam malam gala dinner menyatakan dukunganya kepada Cristiano Ronaldo untuk meraih penghargaan FIFA Ballon d’Or 2014.  

“Pertama-tama saya harus mengatakan bahwa itu adalah suatu kesenangan untuk berada di sini. Saya pikir Cristiano Ronaldo layak menang.

“Saya berharap Brazil akan juara [di Piala Dunia]. Mereka memiliki kesempatan pada tahun 1950, saya berharap mereka bisa menang. Kami berjuang untuk itu.” pungkas pemain yang membawa tim Samba menjuarai Piala Dunia 1958, 1962 & 1970 itu.

Sementara itu, legenda sepakbola Prancis dan Real Madrid, Zinedine Zidane yang disambut penghormatan serupa, mengatakan ada perbedaan pada acara kali ini dan menjagokan Prancis sebagai juara dunia.

“Saya sangat senang berada di sini. Beberapa tahun yang lalu saya menerima penghargaan dan sekarang saya harus memilih satu orang.

“[Pada Piala Dunia] saya yakin  akan ada kejutan karena tidak ada banyak perbedaan antara negara-negara kecil dan negara-negara besar, mereka bermain di level yang sama. Akan menyenangkan untuk melihat Aljazair karena hati saya ada di sana. aku ingin melihat Prancis tentu saja! ” ujar FIFA World Player of the Year 1998, 2000 & 2003 itu yang berdarah Aljazair dan berkewarganegaraan Prancis itu.

Pilihan Zizou sudah bisa ditebak, CR7 jadi nama pertama. Ia menilai Ronaldo sebagai sosok pemain yang lebih hebat dibanding Messi dan Ribery.

“Tidak ada kata lain, Ronaldo adalah yang terkuat diantara yang lain. Kita bisa melihatnya kala ia memimpin Portugal mengalahkan Swedia di babak play-off Piala Dunia,” ujar Zidane, seperti dikutip Goal Italia.

“Saya merasa terhormat bisa memiliki kesempatan untuk bekerja sama dengan dirinya setiap hari, Ronaldo adalah profesional sejati. Ya, setiap pemain bakal mendapat bayaran setimpal atas apa yang sudah ia kerjakan,” pungkas asisten pelatih Los Merengues tersebut.

Ballon d’Or (pengucapan bahasa Perancis: [balɔ̃ dɔʁ], “Bola Emas”) dan sering disebut sebagai Pemain Sepak Bola Terbaik Eropa, adalah sebuah penghargaan tahunan sepak bola. Penghargaan ini diberikan kepada pemain yang telah terpilih karena telah melakukan yang terbaik selama musim sebelumnya. Penghargaan ini digagas oleh penulis majalah France Football, Gabriel Hanot, yang meminta rekan-rekannya untuk memilih pemain terbaik di Eropa pada tahun 1956. Pemenang perdananya adalah Stanley Matthews dari Blackpool.

Juri dalam pemilihan pemain terbaik FIFA terdiri dari pelatih serta kapten tim nasional yang masuk dalam keanggotaan FIFA, dan para jurnalis. Masing-masing juri diberikan kesempatan untuk memilih tiga kandidat pemain. Kandidat pertama diberi nilai 5, kedua dapat 3 poin, adapun yang ketiga adalah 1 poin.

Berita Terkait

BAGIKAN