Anggap Tak Serius, Hamdi Muluk Mundur dari Konvensi Demokrat

Jakarta, Sayangi.com – Ketua Laboratorium Psikologi Politik UI, Hamdi Muluk, mundur dari kepanitiaan Konvensi Partai Demokrat. Ia yang menjabat sebagai anggota Komite Audit Survei Konvensi Partai Demokrat itu mundur lantaran menganggap komite konvensi sudah tidak serius.

Hamdi mengajukan mundur melalui short message service (SMS) pada akhir pekan lalu. Hal itu dilakukannya, karena pengangkatannya sebagai anggota komite konvensi juga melalui SMS.

Apakah ia mundur, karena hasil survei tidak akan dipublikasikan dan hanya untuk internal? Ia tidak menyebutnya sebagai alasan. Ia hanya melihat bahwa kerja Komite Konvensi PD sudah tidak sesuai dengan harapannya.

Ia mengaku tertarik untuk terlibat dalam konvensi PD karena ia diyakinkan manajemennya akan bagus. Selain itu, konvensi juga akan mengurangi oligarki politik. Namun, ia mengaku kondisi yang terjadi tidak sebagaimana yang diharapkannya.

“Akhirnya saya kirim SMS dan bilang minta mengundurkan diri. Saya bilang enggak bisa kerja optimal dengan gaya bekerja yang ada,” katanya.

Komite Audit sendiri dibentuk dengan tujuan untuk menjaga kredibilitas hasil survei kandidat konvensi yang dilakukan lembaga survei. Ada empat tugas pokok dan fungsi tim audit, yakni membuat panduan untuk tiga lembaga survei, memastikan survei yang dilakukan memenuhi kaidah ilmiah, dan etika yang telah dirumuskan komite audit, mengontrol pelaksanaan survei, dan memastikan semuanya berjalan sesuai aturan.

Berita Terkait

BAGIKAN