Presiden Perancis Selingkuhi Aktris Cantik Julie Gayet

Foto: deutschewelle

Paris, Sayangi.com – Dugaan hubungan asmara Presiden Hollande dengan aktris Julie Gayet jadi sorotan utama media Perancis. Pemberitaan kehidupan pribadinya makin menyudutkan Hollande yang popularitasnya terus turun.
 
Konferensi pers awal tahun seorang presiden adalah tradisi khusus dalam panggung politik Perancis. Para jurnalis akan bertanya tentang agenda tahunan, dan Presiden biasanya menjawab dengan santai sambil mempromosikan agendanya.

Tapi konferensi pers Presiden Francois Holande hari Selasa (14/01) ini tidak berlangsung santai. Sejak akhir minggu lalu, media di Perancis tidak hentinya menurunkan berita utama tentang dugaan hubungan asmara antara Hollande dengan aktris cantik Julie Gayet, yang lebih muda 18 tahun.

Hollande yang berusia 59 tahun mengeritik pemberitaan tersebut dan mengancam akan mengambil langkah hukum karena pelanggaran hak privasinya. Tapi ia tidak membantah isi pemberitaan itu. Media selanjutnya melaporkan, pasangan hidup Hollande, Valerie Trierweiler, yang selama ini dianggap sebagai Ibu Negara, sempat masuk rumah sakit karena depresi.

Pemberitaan itu dimulai dari publikasi majalah “Closer” hari Jumat (10/01) yang memuat foto seseorang yang dibonceng dengan motor. Menurut “Closer”, foto itu menunjukkan Hollande yang sedang diantar pengawal pribadinya ke rumah Julie Gayet. Tapi dalam foto itu, Holande menggunakan helm tetutup dan wajahnya tidak bisa dikenali. Berita itu juga mempertanyakan masalah keamanan seorang presiden yang hanya diantar dengan motor.

Sejak itu, pemberitaan media tentang hubungan gelap Hollande makin meluas. Rumor makin santer setelah portal internet Mediapart memberitakan, apartemen yang ditinggali Julie Gayet kemungkinan besar milik seorang gembong Mafia Korsika.

Sebelumnya, kehidupan pribadi seorang presiden Perancis adalah hal tabu bagi media. Majalah-majalah selebriti seperti “Gala” atau “Paris Match” hanya menerbitkan foto-foto pribadi setelah mendapat izin atau atas permintaan presiden.

Majalah Closer sekarang mendobrak tabu tersebut dengan mencetak foto-foto yang diambil secara diam-diam. Closer sebelumnya bahkan mengumumkan rencana penerbitan foto itu, untuk mendongkrak penjualan majalah.

Presiden-presiden Perancis sebelumnya juga punya hubungan hubungan asmara gelap, tapi tidak jadi pemberitaan media. Presiden Francois Miterrand diketahui punya banyak kekasih gelap. Ia bahkan punya anak di luar nikah yang bernama Mazarine dari hubungannya dengan Anne Pingeot. Keluarga itu dibiayai dan dilindungi oleh negara. Sekalipun banyak wartawan mengetahui hal itu, media sepakat tidak menurunkan berita tentang kehidupan pribadi Mitterrand.

Demikian juga Presiden Jacques Chirac yang punya kekasih simpanan. Ia sering diantar sopir pribadi untuk menemui kekasihnya.

Pendahulu Hollande, Nicolas Sarkozy memanfaatkan media untuk meliput kehidupan pribadinya sebagai bagian dari kampanye. Setelah berpisah dari istrinya Cecilia tahun 2005, Sarkozy sering menggelar makan malam dengan para selebriti di istana Elysee. Pada salah satu kesempatan itulah, Sarkozy berkenalan dengan penyanyi dan model Carla Bruni, yang kemudian dinikahinya. Kehidupan Sarkozy dan Carla Bruni selanjutnya menjadi berita hangat di media-media selebriti.

Tapi menurut jajak pendapat harian “Journal de Dimanche”, masyarakat Perancis bisa membedakan antara kehidupan pribadi dan jabatan politik. 84 persen peserta jajak pendapat menyatakan, pemberitaan skandal asmara tidak mempengaruhi penilaian mereka terhadap kinerja Presiden Francois Hollande. (MSR/Deutschewelle)

Berita Terkait

BAGIKAN