Pele Tersanjung Dapat Kehormatan Ballon d’Or

Foto: FIFA

Zurich, Sayangi.com – Pesepakbola legendaris dari Brazil Pele akhirnya mendapat penghargaan kehormatan pemain terbaik Ballon d’Or FIFA di Zurich, Senin, kendati sudah pensiun sejak 1977, demikian diumumkan penyelenggarakan bersama Sepak Bola Prancis.

Ketika Sepak Bola Prancis menciptakan Ballon d’Or pada 1956, penghargaan itu dikhusukan bagi pemain terbaik Eropa dan Pele tidak pernah bermain di klub sepak bola Eropa pada jaman berlangsungnya kompetisi di “benua tua” itu.

Ketika FIFA menyelenggarakan penghargaan sepak bola terbaik tahun itu pada 1991, Pele sudah lama pensiun.

Tapi Senin ia mendapat gelar penghargaan pemain terbaik Ballon d’Or untuk tidak menyalahi perjalanan panjang sejarah sepak bola.

“Dengan alasan regulasi, raja sepak bola itu tidak ada dalam daftar panjang pemain terbaik dunia Ballon d’Or, dan sekarang pada 2013 hal itu dikoreksi,” kata Sepak Bola Prancis dalam laman mereka.

Pada 2010, penghargaan Ballon d’Or serta pemain terbaik tahunan FIFA diadakan secara terpisah selama 19 tahun, disatukan dan kemudian diserahkan atas nama FIFA.

Pele memberikan komentar kepada media Brazil tentang penghargaan itu, “Saya memenangi tiga Piala Dunia ketika Ballon d’Or belum ada (untuk pemain di luar Eropa).” “Tetapi kini FIFA mempersembahkannya kepada saya,” katanya.

Ballon d’Or 2012 dimenangi Cristiano Ronaldo dari Real Madrid dan Portugal untuk kedua kalinya, mengalahkan pemain Barcelona Argentina yang memenanginya empat kali Lionel Messi, serta pemain Bayern Munich dan pemain sayap Prancis Franck Ribery. (AFP)

Berita Terkait

BAGIKAN