Pemilu 2014 Berkontribusi 0,2% Terhadap Pertumbuhan Ekonomi

Ilustrasi foto: Setkab

Jakarta, Sayangi.com – Pemilu 2014 diprediksi berkontribusi 0,2 Persen terhadap pertumbuhan ekonomi. Hal itu akan membawa pertumbuhan ekonomi pada akhir tahun 2014 sesuai dengan target Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2014 sebesar 6 persen.

Hal itu disampaikan Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) II Bambang P.S. Brodjonegoro di Jakarta. Ia juga memperkirakan, perekonomian Indonesia pada tahun 2014 akan lebih baik jika dibandingkan dengan tahun lalu, walaupun masih dihantui dengan kehati-hatian karena pertumbuhan ekonomi negara maju yang belum sepenuhnya pulih.

Namun, dengan fundamental ekonomi yang kuat sebagaimana indikator-indikator yang sudah dicapai tahun lalu, maka posisi Indonesia akan lebih baik. “Dengan fundamental ekonomi yang kuat, Indonesia bisa lebih baik, saat Pemilu nasional juga memberikan kontribusi paling tidak 0,2-0,3 persen terhadap pertumbuhan ekonomi nasional,” jelasnya.

Ia menyebut, optimisme kontribusi Pemilu terhadap perekonomian tersebut berkaca pada pengalaman sebelumnya, ketika Pemilu dapat meningkatkan konsumsi domestik karena adanya kampanye politik. Namun, tetap ada tantangan yang harus dihadapi pemerintah untuk membuat ekonomi lebih stabil ke depan, khususnya yang terkait dengan pengelolaan modal asing yang baik. “Dalam hal ini, Pemerintah akan mengembangkan langkah-langkah tepat untuk mengurangi risiko yang merugikan dan bertujuan mendorong pengalihan investasi jangka pendek pada jangka panjang,” pungkasnya. (MSR/Kemenkeu)