Gita Wirjawan Siap Diperiksa BPK Terkait Impor Beras

Foto: sayangi.com

Bandung, Sayangi.com – Mantan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan menyatakan siap diperiksa oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait masuknya beras impor dari Vietnam ke Indonesia.

“Saya siap (diperiksa BPK),” kata Gita sebelum menghadiri Pengukuhan dan Konsolidasi Dewan Pimpinan Daerah Barisan Indonesia (Barindo) Provinsi Jabar, di Hotel Horison Bandung, Selasa (4/2/2014).

Ia merasa persoalan tersebut merupakan hal yang lucu dan sarat dengan kepentingan politis.

“Saya senang sekali banyak sekali yang politis soal beras impor ini, kaitkan dengan pengunduran diri saya,” kata pria yang kini jadi salah satu peserta konvensi Capres RI dari Partai Demokrat.

Kesiapan dirinya diperiksa oleh BPK terkait impor beras Vietnam ini diharapkan akan membuka aktor utamanya.

“Biar nanti ketahuan siapa yang mempolitisir ini semua,” jelasnya.

Dia menuturkan, tadi pagi pihaknya sudah mengecek ke lab bahwa beras impor dari Vietnam itu bukan tipe premiun tapi medium.

Ketika ditanyakan apakah dirinya khawatir persoalan impor beras ini akan menjadi “senjata” bagi calon lainnya untuk menyerang dirinya saat debat kandidat konvensi capres dari Partai Demokrat, Gita mengatakan tidak khawatir.

“Oh nggak lah,” kata dia.

Sebelumnya, anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Ali Masykur Musa, menuturkan pemeriksaan terkait masuknya 16 ribu ton beras impor dari Vietnam ke Indonesia, akan tetap dilakukan walaupun Gita Wirjawan mundur sebagai Menteri Perdagangan RI.

“Kita institusi, yang kita periksa kelembagaan, siapa saja yang berkaitan dengan izin itu yang kita periksa, tidak kenal mundur atau tidak menterinya,” kata Ali Masykur Musa, usai berdialog dengan Kontak Tani dan Nelayan Andalayan (KTNA) Jawa Barat, di Bandung.