Menlu AS John Kerry Kunjungi Indonesia Pekan Ini

Foto: AP

Washington, Sayangi.com – Jakarta dipastikan bakal menjadi tempat pemberhentian ketiga dalam lawatan kelima John Kerry ke Asia pekan ini.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry pekan ini akan memulai lawatan ke Cina, Korea Selatan, Indonesia, dan Uni Emirat Arab di tengah tingginya ketegangan di Asia, terkait klaim teritorial oleh Cina, yang diprotes Taiwan dan Jepang. Lawatan mulai Kamis (13/2) hingga 18 Februari itu akan menjadi lawatan kelima bagi Kerry ke Asia sejak menjadi Menteri Luar Negeri kira-kira setahun lalu.

Voice of America (VoA) melaporkan, Kerry akan mengunjungi Seoul, Beijing, Jakarta dan Abu Dhabi untuk bertemu para tokoh pemerintah senior setempat dan membahas serangkaian isu bilateral, regional, dan global. Di Jakarta, Kerry akan ikut memimpin Rapat Komisi Gabungan berdasar Kemitraan Komprehensif Amerika-Indonesia serta bertemu Sekretaris-Jenderal ASEAN.

Kerry dikecam karena dianggap terlalu memusatkan perhatian pada upaya perdamaian di Timur Tengah, bukannya membangun fokus militer dan ekonomi Amerika di Asia, guna menanggapi pengaruh Cina yang semakin kuat. Komitmen Amerika pun dipertanyakan bulan Oktober lalu setelah Presiden Obama membatalkan rencananya menghadiri dua KTT di Asia karena menghadapi krisis anggaran di dalam negeri. (MSR)