Ini Manfaat Sehat dari Bawang Putih

Foto: Istimewa

Jakarta, Sayangi.com – Bawang putih dikenal memiliki bau menyengat. Selain itu bila seseorang sering mengkonsumsi bawang putih terkadang dipercaya akan membawa aroma tidak sedap pada tubuhnya.
Namun, faktanya bawang putih memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat bawang putih seperti dilansir readerdigest :

1. Dapat menyuburkan rambut
Bawang putih yang memiliki kandungan Allicin yang tinggi ternyata dapat mengatasi masalah kerontokan pada rambut. Kandungan Allicin ini  mirip dengan senyawa belerang yang juga ditemukan pada bawang merah.

Untuk mengatasi kerontokan pada rambut cobalah gosokkan irisan siung bawang putih pada kulit kepala lalu pijat-pijat untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selain itu Anda juga bisa menambahkan minyak untuk kemudian dipijatkan ke kepala.

2. Membersihkan jerawat
Bawang putih yang juga memiliki kandungan anti oksidan ternyata mampu untuk membersihkan noda bekas jerawat pada wajah. Caranya adalah dengan menggosokkan satu irisan bawang putih pada jerawat di wajah secara perlahan-lahan.

3. Atasi penyakit kulit
Selain dapat menghilangkan noda jerawat, bawang putih juga berguna untuk mengurangi terjangkitnya penyakit kulit. Caranya adalah dengan mengoleskan sedikit minyak bawang putih di area yang terinfeksi, maka perlahan penyakit kulit akan menghilang dan Anda akan mendapatkan kembali kulit Anda yang halus.

4. Mengontrol berat badan
Seorang ahli gizi bernama,  Cynthia Sass mengatakan bahwa sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus yang mengkonsumsi bawang putih secara rutin, ternyata menunjukkan adanya pengurangan berat badan dan penyimpanan lemak. Jadi bagi Anda yang bermasalah dengan berat badan, cobalah mengkonsumsi bawang putih secara rutin atau bisa jg Anda tambahkan bawang putih pada masakan Anda.

6. Hilangkan jamur di kaki atlet
Dengan sifat anti-jamur yang dimiliki bawang putih, ternyata menjadi bawang putih sebagai  obat mujarab bagi atlet untuk menghilangkan rasa gatal di kaki. Caranya adalah dengan merendam kaki dalam bak berisi air hangat dan cincangan bawang putih.

7. Menjauhkan nyamuk
Sebuah penelitian di India menemukan bahwa orang-orang yang menggosokkan ramuan bawang putih pada tubuh mereka terutama di lengan dan kaki,  tidak terganggu oleh nyamuk. Caranya adalah dengan membuat  larutan minyak bawang putih, minyak jeli dan lilin lebah dan dioleskan pada tubuh Anda.(GWH)

Berita Terkait

BAGIKAN