Presiden Jokowi Hadiri Rapat Kerja BPK

Foto: Ant

Jakarta, Sayangi.com – Untuk pertama kalinya dalam sejarah Rapat Kerja Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dihadiri oleh presiden.

Presiden Joko Widodo, Selasa malam, menghadiri rapat kerja Badan Pemeriksan Keuangan (BPK) 2014 di Gedung BPK didampingi oleh beberapa menteri yang terkait dengan bidang perekonomian.

Ketua BPK, Harry Azhar Azis, dalam sambutannya mengatakan kehadiran Presiden RI dalam rapat kerja kali ini merupakan kehadiran pertama kalinya.

“Ini diharapkan menjadi tata kerja dan hubungan kerja antara lembaga negara yang baru,” kata Harry.

BPK, kata Harry, akan memberikan dukungan program pemerintah terkait sejumlah hal termasuk efesiensi anggaran dan juga pengawasan penggunaan anggaran.

Rapat kerja BPK merupakan bagian dari agenda tahuna BPK untuk menyamakan persepsi dan mengoptimalkan rencana kegiatan pemeriksaan dan kesetjenan serta penunjang.

Kegiatan tersebut juga dibicarakan mengenai evaluasi kegiatan tahun 2014, pengesahan rencana kerja pemeriksaan/rencana kerja sekretariat jenderal dan penunjang tahun 2015 dan penandatanganan pernyataan komitmen pencapaian kinerja tahun 2015.

Kehadiran Jokowi, menurut Harry, adalah bukti kesungguhan dalam kerjasama dengan BPK. Terutama untuk menciptakan pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntanble.

“Ini bukti kesungguhan Presiden untuk bekerjasama dengan BPK,” katanya.