Karimunjawa, Terlalu Indah Dilewatkan

Pulau Karimunjawa
Pulau Karimunjawa

Sayangi.com- Karimunjawa adalah kepulauan di Laut Jawa Pulau ini terletak di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah memiliki luas daratan sekitar 1.500 hektar dan luas perairan sekitar 110.000 hektar dengan total pulau sebanyak 27 dengan 5 pulau yang berpenghuni. Dari puluhan gugus pulau tersebut hanya terdapat lima pulau yang sudah dihuni sekitar 9.000 jiwa, yakni tinggal di Pulau Karimunjawa, Pulau Kemujan, Pulau Parang, Pulau Nyamuk, dan Pulau Genting.

Berdasarkan legenda yang beredar di masyarakat kepulauan ini, Pulau Karimunjawa ditemukan oleh Sunan Muria. Legenda itu berkisah tentang Sunan Muria yang prihatin atas kenakalan putranya, Amir Hasan. Dengan maksud mendidik, Sunan Muria kemudian memerintahkan putranya untuk pergi ke sebuah pulau yang nampak “kremun-kremun” (kabur) dari puncak Gunung Muria agar si anak dapat memperdalam dan mengembangkan ilmu agamanya. Karena tampak “kremun-kremun” maka dinamakanlah pulau tersebut Pulau Karimun.

Di kepulauan ini sendiri terdapat sekitar 27 gugus pulau dengan keunikan tersendiri dan semua berpasir putih yang membentang di sepanjang pesisir pantai. Luas teritorialnya kurang lebih 107.225 hektare dan kekayaan alam laut yang masih alami dan indah dengan banyaknya terumbu karang dan biota laut yang bisa dilihat dengan kasat mata.

Sejak tanggal 15 Maret 2001, Karimunjawa ditetapkan oleh pemerintah Jepara sebagai Taman Nasional. Karimunjawa adalah rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai, serta hampir 400 spesies fauna laut, di antaranya 242 jenis ikan hias dan 90 jenis karang laut.

Beberapa fauna langka yang juga berhabitat disini adalah Elang Laut Dada Putih, Penyu Sisik, dan Penyu Hijau. Bagi yang hobby berenang di pantai  akan dimanjakan karena sifat Ombak pantai Karimunjawa tergolong rendah dan jinak.

Map. Pulau Karimun Jawa
Map. Pulau Karimunjawa

Keindahan yang ditawarkan Pulau Karimunjawa yang bisa dinikmati wisatawan:

1. Hutan Mangrove
Berada di kawasan pesisir Pulau Kemujan terdapat jalur beralaskan kayu dengan panjang sekitar 2 kilometer yang biasa digunakan untuk menikmati keindahan mangrove.

2. Pantai Tanjung Gelam
Rasanya tidak lengkap jika ke pantai tidak melihat keindahan sunset maka disini salah satu spot terbaik menikmati sunset bersama orang terkasih.

3. Bukit Love
Berada di dusun Jatikerep, Desa Karimunjawa disini terdapat tugu bertuliskan “LOVE” yang digunakan sebagai tempat favorit untuk berfoto jika berkunjung kesini.

4. Alun-Alun Karimunjawa
Tidak hanya mata yang dimanjakan namun juga lidah akan dimanjakan dengan lezatnya kuliner seafood yang terdapat disini.

5. Pantai Barakuda
Pantai cantik dengan pemandangan pulau-pulau dari kejauhan juga memiliki keunikan berupa batu-batu hitam yang menambah keindahan pantai berpasir putih ini.

6. Pantai Nirwana
Pantai terpanjang di Karimunjawa yang berada di sisi sebelah timur dengan air laut yang jernih dan tenang. Pantai ini memiliki pasir putih yang menjadi khas Karimunjawa dan terdapat pohon-pohon kelapa yang tumbuh di bibir pantai dan menjadi keunikan pantai ini.

Transportasi Pulau Karimunjawa bisa ditempuh melalui jalur laut dan jalur udara. Jalur udara dapat ditempuh dari Bandara Ahmad Yani, Semarang menuju Bandar Udara Dewa Daru di Pulau Kemujan. Jenis transportasi  adalah  pesawat sewa, jenis CASA 212 yang disediakan oleh PT. Wisata Laut Nusa Permai (Kura-Kura Resort). Waktu tempuh kurang lebih 30 menit.

Untuk yang memilih transportasi jalur laut dapat ditempuh dengan Kapal Pelni KM Lawit, KM Kelimutu dari pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Kapasitas Kapal tersebut mampu mengangkut 1000 penumpang termasuk kendaraan bermotor atau mobil. Untuk Kapal muatan yang dikelola oleh swasta tersedia KM Muria dan KM Kartini.

Sumber: Trips Advisor dan berbagai sumber.