Surya Paloh: Ridwan Kamil Berpotensi Dampingi Jokowi di Pilpres 2019

Surya Paloh dan Ridwan Kamil berbincang di sela-sela acara deklarasi dukungan untuk Emil pada pilkada Jawa Barat 2018 di Monumen Bandung Lautan Api, Tegalega, Bandung, Minggu (19/3).

Bandung, Sayangi.com – Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh menyebut Ridwan Kamil alias Kang Emil berpotensi mendampingi Presiden Joko Widodo bertarung pada pemilihan presiden tahun 2019. Alasannya, saat ini Ridwan merupakan satu dari sedikit kepala daerah yang memiliki kemampuan dan prestasi.

“Kang Emil dengan Pak Jokowi ini sama. Tidak terlalu jauh usianya. Kang Emil bagus kalau dengan Jokowi,” kata Surya usai deklarasi dukungan untuk Emil pada pilkada Jawa Barat 2018 di Monumen Bandung Lautan Api, Tegalega, Bandung, Minggu (19/3).

Baik Jokowi maupun Ridwan Kamil, menurut Surya, keduanya mempunyai visi dan misi yang sama, yakni percepatan pembangunan dengan cara menerapkan sistem keterbukaan akses.

Surya berseloroh, dirinya tidak cocok menjadi pasangan Jokowi pada pilpres 2019. Surya beralasan, ia dan Jokowi terpaut usia yang cukup jauh.

“Saya udah 65 tahun. Kalau Kang Emil cukup dekat (dengan Jokowi). Bagus kalau orang muda tampil untuk bangsa ini,” tuturnya.

Menurut Surya, partainya akan kembali mengusung Jokowi pada Pilpres 2019. Ia menilai, Jokowi adalah tipe pemimpin yang konsisten dengan janjinya memerangi korupsi dan menggenjot pembangunan.

“Di tengah-tengah besarnya kompleksitas bangsa dan tantangan global, negara tidak mudah dijalankan apabila tidak ada upaya dan moralitas. Saya kira Jokowi masih konsisten,” ucapnya.