Gadis Cerdas Ini Ubah Vitiligo Kulitnya Menjadi Karya Seni

Kartiki Bhatnagar. Foto Bernas
Kartiki Bhatnagar. Foto Bernas

New Delhi, Sayangi.com– Kartiki Bhatnagar,  remaja wanita asal India mengalami vitiligo (kelainan warna kulit). Penyakit ini menyebabkan kulit menjadi berubah warna di berbagai tempat di tubuh.

Kartiki pertama-tama berusaha memahami mengapa orang tuanya begitu putus asa dan mengapa harus melakukan begitu banyak perjalanan ke kantor dokter.

Selama bertahun-tahun, gadis itu merasa tidak aman, dan di blognya menjelaskan bahwa dia merasa seperti ‘orang buangan’ dan ‘tidak tepat’. Pada satu momen teman sebaya gadis tersebut membandingkan pola warna kulit Kartiki dengan logo Apple.

Selama bertahun-tahun Kartiki hidup dengan rasa malu karena merasa berbeda dengan teman-teman sebayanya. Orangtuanya bahkan sudah putus asa karena menerima banyak cercaan dari banyak orang.

Dia sering melihat ibunya menangis, dan ibunya sering manjalani ritual sebagai upaya untuk menjinakkan penyakit tersebut.

Bahkan teman sekelas yang sama yang berbicara dengan saya dengan penuh semangat tentang berbagai hal saat mengetahui dirinya mengidap Vitiligo, mereka menolak untuk menyentuh saya, ungkapnya.

Karena kawan kawannya mengira apa yang saya alami menular,” tulisnya. Gadis itu tidak mengerti mengapa orang memperlakukannya dengan cara yang berbeda. Yang memprihatinkan  bahkan pada suatu  hari  Kartika di fase, ia menyalahkan dirinya sendiri.

Setelah Kartiki didiagnosis ia mengidap vitiligo, usianya 7 tahun. Sejak itu, dia melihat ibunya menangis, menjalankan ritual ketempat suci sebagai upaya untuk kesembuhan Kartika.

Seiring dengan proses waktu,sepuluh tahun setelah didiagnosa menderita vitiligo, gadis remaja ini bangkit dari kesedihan. Ia  dengan sungguh sungguh  mengubah cara pandang terhadap penyakit kulitnya.

Cara pandangnya berubah ketika sekolah Kartiki mengadakan sesi khusus disekolahnya. Ia menjelaskan kondisinya kepada teman temannya bahwa berdekatan dengan dia akan “aman” dari tertular vitiligo.

Kepercayaan diri Kartiki berangsur pulih setelah mendapat respons positif dari sahabat yang menilai pola pada kulitnya adalah sesuatu hal yang menarik.

Perkataan temannya itu seketika menginspirasi Kartiki untuk bereksperimen dengan warna kulitnya. Dia kemudian menggambar  berbagai macam bentuk di sekitar bercak kulitnya.

Meski gagal dalam upaya pengobatan, akhirnya Kartiki tak menganggap hal tersebut sebagai permasalahan besar.

Diatas kulit vitiligonya ia membubuhkan gambar gambar. Ia bahkan memodifikasi gambarnya tersebut dengan logo dan merek-merek terkenal. Ada gambar pemandangan, logo hati dan tampilan planet Bumi.

Kini Kartika usia Kartika 17 tahun dan telah  berhasil mengubah suatu kelainan menjadi sebuah keindahan karya seni. Metode tersebutlah yang semakin membuat Kartiki menjadi percaya diri. Tadinya saya tak percaya diri dan kehilangan diri saya, tulis kartika dalm blognya.

Sebab saya baru mengetahui ada hal indah yang terdapat dalam tubuh saya. Akhirnya dengan kreatifitas yang dibuat Kartika, teman-temannya melanjutkan berperilaku normal, tutur Kartika

Sumber:dailymail.co.uk