Raih Gelar Sarjana Saat Usia 91 Tahun

Wisudawan tertua Kimlan Jinaku 91 tahun . Foto Bangkok Post
Wisudawan tertua Kimlan Jinaku 91 tahun . Foto Bangkok Post

Sukhothai, Sayangi.com-Mimpi seorang nenek berusia 91 tahun dari Phayao, Thailand utara, menjadi kenyataan.

Ia telah menyelesaikan jenjang pendidikan Strata-1 Studi Pembangunan Manusia dan Keluarga. Nyonya Kimlan Jinakul telah lulus dari Universitas Terbuka Sukhothai Thammathirat diwisuda pada Rabu (09/08) .

Nenek yang berasal dari provinsi Phayao perlu waktu 10 tahun untuk menempuh sarjana tersebut.  Bagi nyonya Kimlan tidak pernah terlambat untuk belajar… pikiran saya selalu bangun untuk belajar,” tuturnya tentang motto yang ia pegang teguh selama ini.

Pertambahan usia dan kematian putrinya tidak menghambat Kimlan Jinakul mewujudkan mimpi, tekad dan komitmennya untuk menyesaikan pendidikannya.

Foto Kasapa
Foto Kasapa

Untuk mengatasi kepedihan hatinya akibat kematian putrinya, Kimlan akhirnya meneruskan kuliah pada usia 85 tahun dengan mengambil bidang yang sama, studi pembangunan manusia dan keluarga. Yang ia yakini dia akan bisa menyelesaikan program studi ini dengan harapan roh putri saya senang.

“Setelah pulih dari kesedihan dan kehilangan putri saya, saya mendorong diri sendiri untuk menyelesaikan program studi ini dengan harapan roh putri saya senang,

Ya, dia adalah anggota tertua dari kelas kelulusan. Tidak ada kata terlambat untuk mendapatkan pendidikan.

Ketika masih muda, Kimlan mengaku harus menikah sehingga tidak mempunyai kesempatan melanjutkan pendidikan ke jenjang universitas. Sebagai gantinya, ia mendorong anak-anaknya untuk mengejar cita-cita mereka setinggi mungkin.
Hasilnya, empat anaknya meraih gelar master dan seorang lagi medapat gelar PhD dari Amerika Serikat.

“Dunia ini tidak pernah berhenti. Selalu ada peristiwa dalam hidup kita yang harus kita atasi. Ada penemuan-penemuan ilmiah untuk membuat dunia lebih baik. Jika tidak ada penemuan ilmu pengetahuan, maka dunia akan berhenti.”

Karena kegigihannya dalam menuntut ilmu,Kimlan Jinakul  akan menerima gelar dari anggota  kerajaan Thailand.