Kunjungan Kerja ke Timika, Kapolri Lepas Tim Pendaki Polwan ke Puncak Carstensz

Di tengah cuaca dingin pegunungan di kawasan Tembagapura, Timika, Kapolri dan istrinya Ir. Tri Suswati berfoto bersama tim polwan yang akan mendaki Puncak Carstensz, Sabtu (12/8) /Foto: Humas Polri

Timika, Sayangi.Com– Kapolri Jenderal Pol. Muhammad Tito Karnavian sejak Jumat (11/8) kemarin melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Papua dan Papua Barat hingga Minggu (13/8) besok.

Tito Karnavian yang didampingi istrinya Tri Suswati, asisten SDM Kapolri Irjen Arief Sulistyanto dan sejumlah pejabat Mabes Polri, tiba di Timika (ibukota Kabupaten Mimika, Papua) pada Jumat pagi dan disambut oleh Gubernur Papua Lukas Enembe, Kapolda Papua Irjenpol Boy Rafli, Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Herman Asaribab, Bupati Mimika Eltinus Omaleng, dan sejumlah pejabat dari Forkompimda Papua.

Dalam kunjungan kerjanya ke Timika, Kapolri melakukan tiga agenda kegiatan yakni meluncurkan aplikasi online Amole Polres Mimika, menyaksikan penandatanganan MoU Bhayangkara Papua Football Academy, dan melepas tim beranggota 24 Polwan (polisi wanita) yang akan melakukan pendakian ke Puncak Jaya atau Puncak Carstensz.

Puncak Carstensz dengan ketinggian 4.884 meter dari permukaan laut adalah bagian dari pegunungan Jayawijaya dan merupakan puncak tertinggi se Asia Tenggara. Puncak Carstensz adalah satu-satunya puncak dengan glacier es di daerah tropis dan termasuk dalam tujuh gunung tertinggi di dunia yang disebut dengan seven summits. Puncak ini tidak disarankan untuk didaki oleh pendaki yang minim pengalaman, mengingat kondisi cuacanya yang mudah berubah serta tingginya potensi longsor yang membahayakan para pendaki.

“Kita ingin membuktikan anggota Polwan mampu secara fisik,” kata Tito, saat melepas tim Polwan yang akan mendaki Puncak Carstensz, dalam upacara di kawasan pegunungan Tembagapura, Timika, Sabtu (12/8) pagi.

Kapolri mengatakan, tim pendaki Polwan akan menancapkan bendera merah putih dan tribrata untuk menunjukkan bahwa mereka secara fisik tidak kalah dengan polisi laki-laki dan siap bertugas dimana saja termasuk memerlukan kekuatan fisik.

Menurut Kapolri, anggota Polwan punya peluang untuk mendapatkan jabatan yang sama dengan polisi laki-laki. Ia bahkan berharap, nanti akan ada Kapolri dari Polwan.

“Mudah-mudahan suatu saat nanti Kapolrinya bisa dari polwan, sehingga memberikan nuansa baru,” kata Tito.

Di tengah cuaca cerah pegunungan Jayawijaya namun tetap terasa dingin, Tito Karnavian terlihat sumringah saat melepas tim pendaki Polwan ke Puncak Carstensz dan mengibarkan bendera merah putih bersama para peserta upacara.

Usai dari Timika, Kapolri melanjutkan kunjungan kerja ke ibukota Papua Barat, Manokwari.

Tito Karnavian berfoto bersama istrinya Ir. Tri Suswati dengan latar belakang pegunungan di Timika, Papua, Sabtu (12/8)
Kapolri Tito Karnavian, Kapolda Papua Boy Rafli dan Kapolres Mimika berfoto bersama polisi cilik di Timika, Sabtu (12/8)