Peringati Hari Pangan, FAO Gandeng Pramuka Gelar Lomba Poster Dan Video

Foto pramukapost
Foto pramukapost

Jakarta,Sayangi.com– Dalam rangka peringatan Hari Pangan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dan Lembaga Pangan Dunia (Food Agriculture Organization/FAO) akan mengadakan Lomba Poster dan Videounia 2017.

Spesialis Komunikasi FAO Siska Widyawati lewat keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (12/9) mengatakan FAO ingin mengajak semua anggota Pramuka Indonesia untuk ikut serta dalam lomba poster dan juga lomba video.

Kompetisi akan diadakan dalam dua tingkat, yaitu tingkat nasional dan internasional. Di tingkat antarnegara, peserta akan bersaing dengan negara-negara lainnya di dunia.

Badan Pangan Dunia (FAO). Foto FAO Lebanon

Menurutnya, kerja sama dengan gerakan Pramuka yang beranggota mayoritas generasi muda merupakan langkah strategis. Terlebih generasi muda menjadi salah satu tonggak utama dalam menyebarkan isu yang menjadi tema FAO tahun ini, yaitu “Mengubah Masa Depan Migrasi dan Investasi di Bidang Ketahanan Pangan dan Pembangunan Pedesaan”.

Siska mengatakan anggota Pramuka tersebar ke berbagai tempat, termasuk pedesaan. Pedesaan adalah tempat adanya 75 persen kemiskinan merujuk data FAO. Angka itu dipengaruhi dampak banyaknya migrasi dari pedesaan ke perkotaan yang membuat desa semakin tidak tergarap.

Migrasi, lanjut dia, kerap menjadi pilihan warga karena desa tidak menguntungkan bagi mereka sehingga banyak yang menjadi tenaga kerja di luar negeri maupun mengadu nasib di kota.

“Karena Pramuka itu diisi pemuda-pemudi Indonesia yang andalan.  FAO  berharap Pramuka mendukung tema FAO tahun ini, dengan menyebarluaskan pesan bahwa migrasi itu adalah pilihan bukan keharusan. Pertanian di pedesaan itu menguntungkan,” tulis  Sisca.

FAO berada di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Organisasi yang bermarkas di Roma, Italia itu, memiliki tujuan untuk menaikkan tingkat nutrisi dan taraf hidup, meningkatkan produksi, proses, pemasaran dan penyaluran produk pangan dan pertanian, mempromosikan pembangunan di pedesaan dan melenyapkan kelaparan.

Kwarnas Gerakan Pramuka di era kepemimpinan mantan Menpora Adhyaksa Dault setiap tahun rutin mengadakan lomba membuat konten di media sosial. Lomba-lomba itu untuk membangkitkan semangat Pramuka seluruh Indonesia agar lebih aktif mempromosikan potensi daerahnya, kegiatan Pramuka, sosok yang menginspirasi dan lain-lain di media sosial.