Apple X Diperkenalkan Pertama Kali Di Theater Steve Jobs

Peluncuran Apple IPhone X. Foto Bloomberg
Peluncuran Apple IPhone X. Foto Bloomberg

California, Sayangi.com– Hari Selasa (12/9) waktu AS atau Rabu (13/9) dini WIB, Apple menggelar sebuah hajatan untuk memperkenalkan secara resmi produk terbarunya ke seluruh dunia.

Ini momen yang ditunggu-tunggu penggemarnya karena di sini Apple memamerkan ponsel pintar terbarunya penerus iPhone 7, yaitu iPhone X atau 8.

Oleh sebab itu, mereka berbondong-bondong mengunggah status media sosialnya dengan tagar #AppleEvent untuk menyambutnya. Tagar tersebut cukup menggema di ranah Twitter. Bahkan, tagar #AppleEvent di Twitter terlihat lebih menarik karena dilengkapi dengan logo Apple.

Untuk pertama kalinya, Steve Jobs Theater menjadi saksi bersejarah lahirnya produk ponsel pintar terbaru dari Apple. Di panggung tersebut, CEO Apple Tim Cook resmi memperkenalkan iPhone X atau 8. Jangan membacanya dengan iPhone Ex, karena yang benar adalah iPhone Ten atau 10 disebut sepuluh.

Ponsel ini secara istimewa hadir dengan desain yang benar-benar baru, yaitu layar penuh di bagian muka, berukuran 5,8 inci resolusi 2436 x 1125 pixel. Sistem layar iPhone X memakai teknologi baru yang disebut Apple sebagai Super Retina Display.

Foto Reuters
Foto Reuters

Pertama kalinya Apple meninggalkan desain tombol Home yang selama ini hadir di bagian bawah ponsel, dan berbentuk lingkaran. Cara membangunkan layar iPhone X cukup sapu bagian layar dari bawah ke atas.

Gestur yang sama akan membuka panel kontrol ketika ponsel telah bangun dari tidurnya, juga untuk kembali ke tampilan utama

Phil Schiller, Senior Vice President of Worldwide Marketing Apple saat dipanggung mengungkapkan tidak ada yang lebih sederhana dan lebih alami (dari cara ini),”.

Untuk sistem pengamanan, ponsel ini hanya mengandalkan sistem pengenal wajah yang disebut dengan FaceID untuk membuka kunci ponsel dan melakukan otentifikasi data. Langkah ini menandai keputusan Apple meninggalkan TouchID yang dipakai untuk sensor sidik jari sejak iPhone 5s di tahun 2013.

Apple juga merancang versi baru prosesor A11 Bionic untuk menangani pengenalan wajah yang unik secara real-time. Schiller menyebut prosesor tersebut sebagai “mesin bionik”, menggunakan teknologi jaring saraf untuk membandingkan setiap wajah yang masuk dengan wajah yang sebelumnya terdaftar.

Kekuatan lain dari ponsel ini terletak pada kamera belakangnya yang punya kamera ganda, masing-masing bersensor 12 megapixel, dan dua lensa yaitu wide-angle f/1.8 serta telephoto f/2.4.

LED flash di kamera belakang adalah Quad-LED True Tone. Kamera belakang ini, mampu merekam video 4K, dan di saat bersamaan bisa mengambil foto dengan resolusi 8 megapixel. Sementara pada kamera depan, terdapat sensor 7 megapixel dengan bukaan f/2.2.

Apple mengumumkan  akan membuka pemesanan perdana iPhone X mulai 27 Oktober 2017 dan mulai dijual di sejumlah pasar di Chichago pada 3 November 2017.

Aplle iPhone X terbaru ini bakal tersedia dalam dua pilihan memori internal, yaitu 64 GB dan 256 GB. Harga yang dibanderol untuk versi terendahnya adalah 999 dolar AS yang jika dikonversi ke rupiah dengan nilai 1 dolar AS = Rp 13.157, maka nilai itu mencapai Rp 13,1 juta.