Kapolri Penuhi Permintaan Polisi Timor Leste Ikut Pendidikan Sespim Polri

Kapolri Tito Karnavian bersama kepala Kepolisian Negara Timor Leste Commissioner Police Julio Da Costa Hornay saat bertemu menjelang acara penutupan Konferensi ASEANAPOL ke-27 di Singapura, Kamis (14/9)/Foto: Mabes Polri

Singapura, Sayangi.Com– Suasana akrab dan bahagia tergambar saat pertemuan bilateral antara Kapolri Jenderal Polisi Muhammad Tito Karnavian dan Kepala Kepolisian Negara Timor Leste, Commander General Policia Nacional de Timor Leste, Commissioner Police Julio Da Costa Hornay.

Layaknya adik bertemu kakak, Commissioner Julio menyampaikan perkembangan situasi negaranya yang pernah menjadi bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) kepada Kapolri Tito Karnavian.

Selama pertemuan sekitar satu jam menjelang closing ceremony 37th ASEANAPOL Conference, di Singapura, Kamis (14/9), kedua kepala polisi ini berbincang akrab dengan menggunakan Bahasa Indonesia.

Commissioner Julio, yang pernah menjadi perwira Polri, menyampaikan bahwa bahasa Indonesia masih banyak digunakan di Timor Leste karena hampir semua stasiun TV Indonesia dapat dinikmati disana. Dengan demikian banyak anak muda yang mengenal dan mampu berbahasa Indonesia, selain bahasa Porto dan bahasa Tetun yang digunakan.

Kapolri Tito memenuhi permintaan Commissioner Julio untuk mengikut sertakan Perwira Policia Nacional de Timor Leste (PNTL) untuk mengikuti pendidikan pengembangan pimpinan Polri, mulai dari Sespima, Sespimmen dan Sespimti, walaupun sebelumnya tidak pernah ada peserta tamu asing untuk tingkat Sespimmen maupun Sespimti.

Selain itu Kapolri Tito juga akan memberikan perangkat alat musik untuk dipergunakan oleh korps musik PNTL, berikut pelatihnya.

Diakhir pertemuan, Kapolri yang didampingi Irwasum Polri, Kabareskrim Polri dan Kadiv Hubinter Polri, menerima kenang-kenangan berupa “tais” sebuah asesoris kerajinan tangan asli daerah Timor Leste.