Tabir Surya Adalah Langkah Utama Dapatkan Kulit Muka Cerah

Foto YouTube
Foto YouTube

Jakarta,Sayangi.com– Hampir semua perempuan Asia menginginkan Kulit yang sehat dan cerah. Ada tiga langkah penting yang harus dilalui untuk memiliki kulit sehat dan cerah.

Dilansir dari dailymail (19/2) seorang pakar dermatologi Dr David Fenton mengatakan salah satu permasalahan kulit wajah yang sering dialami perempuan adalah kulit kusam.

Kondisi tersebut membuat seseorang merasa tidak percaya diri untuk tampil di depan umum. Menurutnya hal tersebut banyak dipengaruhi beberapa faktor baik external ataupun internal.

Dr Fenton menjelaskan faktor penyebab kulit kusam, di antaranya kurang minum air putih, kurang menggunakan pelembap wajah, polusi udara, dan kurang vitamin A & B.

Dr David Venton Dermatologi dari rs St Thomas London. Foto RSM UK
Dr David Venton Dermatologi dari rs St Thomas London. Foto RSM UK

Faktor-faktor lain yang menyebabkan kulit kusam, di antaranya cuaca pancaroba, paparan sinar matahari, dan kurang bersih saat mencuci wajah. Dermatolog tersebut merekomendasikan inilah tiga tahapan mendapatkan tampilan kulit cerah.

Tahap pertama yakni membersihkan wajah dengan cara yang tepat. Membersihkan wajah adalah hal penting yang harus dilakukan setiap hari. “Permukaan kulit wajah yang terkena riasan, debu, kotoran, serta polusi tentu menjadikannya kotor. Jika tidak dibersihkan maka akan timbul berbagai masalah kulit seperti jerawat,”.

Tahap kedua yakni menggunakan pelembap dan krim untuk menutrisi kulit. Kulit membutuhkan nutrisi untuk membuatnya tetap sehat dan terjaga kelembapannya.

Semakin bertambah usia maka akan berkurang juga tingkat kelembapannya. Pilih tabir surya yang mengandung SPF, minimal SPF 30 dan UV Protection untuk menjaga kesehatan dan kecerahan kulit,

“Selain tabur surya, kulit muka perlu dijaga kelembapan kulit dengan cara menggunakan krim pelembap. Krim ini bisa disesuaikan dengan jenis kulit dan kebutuhannya. Oleskan krim secara teratur pagi dan malam agar hasilnya maksimal. Ciri kulit lembap adalah halus dan kenyal,”.

Menurut Fenton penumpukan sel kulit mati jika dibiarkan akan membuat wajah terlihat kusam. Terlebih jika kulitnya termasuk sensitif, maka tak heran jika muncul berbagai masalah seperti jerawat dan sejenisnya.

“Untuk mengangkat sel kulit mati pada kulit wajah, bisa menggunakan krim eksfoliasi atau scrub saat proses mencuci wajah,” ungkap Fenton yang berpraktek di rumah sakit St Thomas, London.

Tinggal di negara tropis, paparan sinar matahari jadi hal yang tak bisa dihindari. Karena itulah cara menjaga kulit dari paparan sinar matahari adalah dengan menggunakan tabir surya, minimal SPF 30 dan UV Protection,ungkapnya.