Jet Tempur Amerika Serikat Satroni Semenanjung Korea

Foto Iraqi News
Foto Iraqi News

Washington, Sayangi.com- Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan serta Jepang telah memgerahkan 14 jet tempur. Ketiga negara ini melakukan demonstrasi penyerangan dengan menjatuhkan bom di Semenanjung Korea.

Badan Pertahanan AS, Pentagon, menyatakan demonstrasi itu melibatkan 14 jet tempur,berasal dari Angkatan Udara Korsel dan F-2 dari Angkatan Udara Jepang.

Jet jet tersebut antara lain dari jenis B-1B, F-35B, dan F-15K, dan F-2. Jet tempur F-15K berasal dari Angkatan Udara Korsel dan F-2 dari Angkatan Udara Jepang.

Jet-jet tempur itu dikerahkan ke Semenanjung Korea sebagai peringatan kepada Korea Utara (Korut) yang kembali meluncurkan rudal jarak jauh yang melintasi wilayah udara Jepang, pekan lalu.

Ke-14 jet tepur itu melakukan formasi terbang di wilayah Pilsung, wilayah utara Korea Selatan dan di atas perairan Kyushu, bagian selatan Jepang.

Pilsung merupakan zona demililiterisasi yang memisahkan Korsel dan Korut. Sedangkan Kyushu adalah wilayah Jepang yang terdekat dengan Semenanjung Korea.

Selain melakukan pasukan melakukan formasi terbang, jet-jet tempur juga melepaskan bom langsung di atas Semenanjung Korea.

Dilansir dari AFP (20/9) menuliskan jet tempur yang diluncurkan Pentagon memiliki kemampuan untuk menghancurkan rudal di udara.

Meski demikian, AS merasa belum perlu mendemonstrasikan kemampuan jet tempur untuk menghancurkan rudal, termasuk yang ditembakkan Korut.

Pertunjukan kekuatan jet tempur AS tersebut dilakukan saat Presiden AS Donald Trump bersiap-siap untuk pertama kalinya menyampaikan pidato di Sidang Majelis Umum PBB, Senin (18/9).

Sebelumnya, Duta Besar AS untuk PBB, Nikki Haley, mengatakan bahwa AS memiliki opsi kekuatan militer untuk menghentikan program nuklir Korut. Hal tersebut dengan catatan jika negara itu menolak perundingan damai. Dan terus melakukan provokasi dengan menembakkan rudal balistik,ungkap Haley.