Taklukkan Borneo FC 2-1, Bhayangkara FC Kokoh di Puncak Klasemen Liga 1

Foto: Goal

Bekasi, Sayangi.Com– Bhayangkara FC berhasil menaklukkan tamunya Borneo FC dengan skor 2-1 dalam laga pekan ke-25 Liga 1 yang berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu (20/9) sore.

Kemenangan ini semakin mengokohkan posisi Bhayangkara FC di puncak klasemen sementara dengan 52 poin, terpaut 4 poin dari peringkat kedua Bali United yang baru akan bermain melawan Persib Bandung pada Kamis (21/9) besok.

Borneo FC yang gagal mencuri poin di partai tandang, tetap bertahan di peringkat 11 dengan 33 poin.

Dua gol Bhayangkara FC dicetak oleh Ilija Spasojevic setelah menerima umpan dari Evan Dimas pada menit ke-60, dan Otavio Dutra yang sukses mengeksekusi penalti di menit ke-86. Sedangkan gol tunggal Borneo FC dicetak oleh Shane Smeltz setelah menerima umpan tarik Terens Puhiri di menit ke-81.

Jalannya Pertandingan

Bermain sebagai tuan rumah, The Guardians tampil menekan sejak awal pertandingan. Di menit ke-11, tim asuhan pelatih Simon McMenemy ini punya peluang matang lewat aksi Ilham Udin Armaiyn. Sayang, tendangan Ilham masih bisa diselamatkan penjaga gawang Borneo FC, Muhammad Ridho.

Peluang bagi Evan Dimas dkk kembali muncul di menit ke-37. Kali ini giliran Guy Junior yang melepaskan tembakan melengkung, namun masih dapat dihalau barisan pertahanan lawan. Hingga turun minum tak ada gol tercipta. Skor 0-0.

Di babak kedua, Bhayangkara FC yang ingin meraih poin penuh di kandang, mencoba meningkatkan tempo pertandingan. Berkali-kali Guy Junior dan Evan Dimas merepotkan pertahanan Borneo FC, namun belum berhasil membuahkan gol.

Kebuntuan pecah di menit ke-6o saat Firly Apriansah menusuk pertahanan lawan dan mengirim umpan silang ke Ilija Spasojevic yang kemudian melepaskan tendangan keras ke gawang Borneo FC. Bola tak mampu ditepis Muhammad Ridho, dan stadion Patriot langsung bergemuruh oleh sorak sorai pendukung tuan rumah. 1-0 untuk The Guardians.

Ketinggalan 0-1, Borneo FC mencoba bangkit untuk membalas. Usaha tim tamu berbuah hasil di menit ke-81. Gol ini berawal dari terobosan Terens Puhiri yang kemudian melepas umpan tarik dan disambut Shane Smeltz. Tendangan pemain asal Selandia Baru dari jarak dekat ini tak mampu dihalau penjaga gawang Bhayangkara FC, Awan Setho. Skor 1-1.

Dalam kedudukan imbang 1-1, kedua tim silih berganti melancarkan serangan untuk memanfaatkan sisa waktu di babak kedua. Di menit ke-86, tim tuan rumah mendapat hadiah penalti setelah Ilija Spasojevic dilanggar Diego Michiels di kotak pinalti. Otavio Dutra sukses mengeksekusi penalti dan mengubah kedudukan menjadi 2-1.

Hanya semenit setelah gol tersebut, wasit Aprisman Aranda mengeluarkan kartu kuning kedua untuk Diego Michiels yang kembali melanggar Ilija Spasojevic. Diego Michiels mendapat kartu merah dan diusir dari lapangan pertandingan.

Hingga peluit tanda babak kedua berakhir, skor tetap bertahan 2-1 untuk kemenangan Bhayangkara FC.

Susunan pemain:

Bhayangkara FC: Awan Setho (GK), Otavio Dutra, Firly Apriansyah, Indra Kahfi, I Putu Gede, Alsan Sanda, Evan Dimas, Wahyu Subo, Ilham Udin Armaiyn, Guy Junior, Ilija Spasojevic.

Borneo FC: Muhammad Ridho (GK), Diego Michiels, Kunihiro Yamashita, Matheus Henrique, Ricky Akbar, Jefri Kurniawan, Flavio Beck Junior, Wahyudi Setiawan, Terens Puhiri, Lerby Eliandry, Patrich Wanggai.