Kawal Unjuk Rasa Buruh Besok, Polri dan TNI Akan Kerahkan 8.500 Personel

Kabid Humas Polda Metro Kombes Pol. Argo Yuwono /Foto: Tri Setyo

Jakarta, Sayangi.com – Sekitar 3.000 buruh rencananya akan melakukan aksi unjuk rasa pada Sabtu (7/10) besok di Istana Negara. Unjuk rasa tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Layak Kerja Sedunia.

Menanggapi hal tersebut, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, pihaknya siap mengamankan aksi unjuk rasa tersebut. Setidaknya ada 8.500 personel gabungan yang akan mengamankan aksi itu.

“Ada 8.500 personel yang kita libatkan, polisi dan dibantu TNI dari TNI 700 an lebih. Kemudian unjuk rasanya ada 3.000 an ada dari Banten, dari Karawang, Jawa Barat, Bogor, dan dari Bekasi juga ada,” ujar Argo di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (6/10).

Argo juga menjelaskan, pihaknya akan coba memfasilitasi perwakilan pengunjuk rasa untuk menyampaikan aspirasinya. Menurutnya, pihaknya akan menerapkan skema manajemen massa dalam aksi besok.

“Kita gunakan untuk pengamanan massa yaitu ada manajemen massa, seperti itu kita gunakan. Mudah-mudahan dengan kegiatan manajemen massa yang kita terapkan untuk pengamanan besok, Insya Allah berjalan dengan aman,” katanya.

Mengenai pengalihan arus, lanjut Argo, hal tersebut bersifat situasional. Pengalihan arus baru akan dilakukan polisi bila keadaan di lapangan sudah diluar prediksi.

“Nanti akan kita dari Ditlantas akan melihat apakah nanti buka tutup, apakah nanti ada contraflow, ataukah nanti kita alihkan ya. Ada semua nanti, sudah ada beberapa planning yang kita siapkan,” jelasnya.

Lebih jauh Argo mengimbau peserta aksi unjuk rasa besok untuk tetap mentaati aturan yang ada. Pasalnya, tiap aksi unjuk rasa yang digelar, akan menjadi contoh bagi peserta aksi unjuk rasa di lain hari.

“Jangan berbuat anarkis, kemudian jangan membawa barang-barang yang dilarang oleh UUD, seperti senjata tajam dan sebagainya. itu jangan digunakan karena akan menjadi contoh untuk pengunjuk rasa yang lain, kalau santun dan beretika dan pesannya bisa sampai kepada yang bersangkutan,” urainya.