Jokowi Resmikan Jalan Tol Palembang-Indralaya Seksi 1

Presiden Jokowi disambut Gubernur Sumatra Selatan Alex Noerdin saat tiba di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Kota Palembang, Kamis (12/10) sore/Foto: Biro Pers Presiden

Palembang, Sayangi.Com– Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan jalan tol Palembang-Indralaya seksi I, yaitu ruas Palembang-Pemulutan sepanjang 7,75 kilometer yang merupakan jalan tol pertama di Sumatera Selatan.

Jalan Tol Pelembang-Indralaya terdiri dari 3 seksi, yaitu seksi I ruas Palembang-Pemulutan sepanjang 7,75 kilometer, seksi II Pemulutan-Kota Terpadu Mandiri (KTM) sepanjang 4,9 kilometer, dan seksi III KTM-Simpang Indralaya sepanjang 8,5 kilometer. Panjang totalnya 21 kilometer lebih.

“Tadi waktu di mobil, Pak Gubernur bisik-bisik ke saya, Pak Presiden, tol ini sudah diimpi-impikan sejak zaman Belanda. Saya tidak percaya, masa mimpi kok dari zaman Belanda? Tapi setelah masuk ke sini tadi saya betul-betul kaget,” kata Jokowi, saat memberi sambutan di gerbang tol Palembang-Pemulutan, Palembang, Kamis (12/10) sore.

Jokowi mengaku sudah 4 kali datang mengunjungi pembangunan ruas tol tersebut.

“Kenapa sampai 4 kali? Saya melihat tol Palembang-Indralaya medannya sangat berat, rawa-rawa, perlu konstruksi-konstruksi khusus. Waktu itu saya lihat penyedotan air dari bawah untuk dibuang jadi ini pekerjaan yang sangat-sangat sulit tapi alhamdulilah ini seksi pertama selesai dari Palembang sampai Pemulutan,” ujarnya.

Presiden Jokowi di gerbang jalan Tol Palindra seksi 1 di Kecamatan Pemulutan, Kabupaten Ogan Ilir (OI), Sumatera Selatan, Kamis (12/10) sore.

Jokowi menambahkan, tujuan lain dari kedatangannya adalah memberi semangat kepada kontraktor.

Turut mendampingi Presiden dalam kunjungan ke Palembang adalah Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Direktur Utama Hutama Karya I Gusti Ngurah Putra.