Mutasi Polri: M Iqbal Promosi Bintang Satu Jadi Karopenmas Gantikan Rikwanto

Kombes Pol M Iqbal mendapat promosi jabatan sebagai Karopenmas Mabes Polri.

Jakarta, Sayangi.com – Mabes Polri kembali melakukan mutasi dan promosi sejumlah perwira tinggi dan perwira menengah.

Mutasi tersebut tertuang dalam Surat Telegram Nomor ST/2750/XI/2017 tertanggal 16 November 2017 yang ditandatangani oleh Asisten SDM Kapolri Irjen Polisi Arief Sulistyanto.

Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Muhammad Iqbal salah satu perwira menengah yang mendapat promosi ke bintang satu (brigjen) karena ditunjuk menjadi Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri menggantikan Brigjen Pol Rikwanto. Sedangkan Rikwanto akan menempati jabatan barunya sebagai Kepala Biro Multimedia Divhumas Polri.

Posisi Kapolrestabes Surabaya yang ditinggalkan Kombes Iqbal akan diisi oleh Kombes Polisi Rudi Setiawan yang saat ini menjabat Direskrimsus Polda Sumatera Selatan.

Sementara pejabat lama Kepala Biro Multimedia Divhumas Polri yakni Brigjen Pol Yan Fitri Halimansyah diangkat sebagai Wakapolda Kepulauan Riau. Sedangkan Wakapolda Kepri Brigjen Pol Didi Haryono diangkat menjadi Kapolda Kalbar.

Beberapa mutasi jabatan kapolda lainnya di antaranya Irjen Pol Umar Septono yang sebelumnya menjabat Kakorsabhara Baharkam Polri diangkat menjadi Kapolda Sulsel menggantikan Irjen Pol Muktiono yang dimutasi menjadi Koorsahli Kapolri.

Posisi yang ditinggalkan Umar akan ditempati oleh Irjen Pol Sudjarno.

Kombes Pol Budi Widjanarko yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Pelayanan Markas (Kayanma) Polri diangkat sebagai Wakapolda Bengkulu.

Sementara Irjen Pol Iza Fadri ditunjuk menjadi Analis Kebijakan Utama Bidang NCB Interpol Indonesia Divhubinter Polri. Penunjukan Irjen Iza ini dalam rangka mempersiapkan Iza sebagai duta besar.

Menurut Karopenmas Polri Brigjen Pol Rikwanto, mutasi sejumlah perwira tinggi dan menengah ini merupakan penyegaran institusi dan promosi jabatan.

“Ini dalam rangka penyegaran, promosi jabatan dan yang memasuki akhir dinas karena pensiun,” kata Rikwanto di Mabes Polri, Jakarta, Jumat.