London Akan Jalankan Bis Berbahan Bakar Limbah Kopi

Bus di London berbahan bakar biofuel limbah kopi. Foto Bio Bean
Bus di London berbahan bakar biofuel limbah kopi. Foto Bio Bean

London,Sayangi.com- Limbah sampah Kopi akan menjadi bahan bakar beberapa bus London mulai Senin. Perusahaan teknologi bersih lingkungan ‘Bio-Bean’ dan perusahaan ekplorasi minyak Shell mengumumkan minyak biji kopi kini akan digunakan dalam pengoperasian beberapa bus di London.

Biofuel yang digunakan ini mengandung minyak kopi, diambil dari tempat sampah. Biofuel ini, yang menghasilkan 20 persen campuran bahan bakar akhir, kemudian akan dicampur dengan minyak diesel tradisional.

Menurut perusahaan Bio-Bean, rata-rata orang London minum 2,3 cangkir kopi sehari. Ini artinya limbah kopi yang dihasilkan menembus lebih dari 200.000 ton limbah per tahun.

Untuk mendapatkan biofuel perusahaan mengambil dan mengumpulkan sebagian dari bubuk kopi bekas dlimbah dari kedai kopi, kantor dan pabrik. Lalu kemudian perusahaan ini mengeringkan dan mengolahnya sebelum minyak dapat diekstraksi.

Stelah kering limbah diproses untuk mengekstrak minyak kopi, yang kemudian dicampur dengan lemak dan minyak lainnya untuk menciptakan komponen bio sebesar 20 persen (B20). Selanjutnya komponen campuran biofuel B20 akan dicampur dengan minyak solar.

Uji coba telah menunjukan Bus bisa berjalan dengan campuran bahan bakar tersebut tanpa perlu modifikasi. Sejauh ini, 6.000 liter minyak kopi telah diproduksi, yang menurut perusahaan, biofuel tersebut jika dicampur dengan solar bisa menyalakan bus selama setahun penuh.

“Ini adalah contoh bagus dari apa yang bisa dilakukan saat kita mulai mengimport ulang limbah sebagai sumber daya yang belum dimanfaatkan,” kata pendiri Bio-Bean Arthur Kay dalam siaran persnya.

“Ribuan liter biodiesel B20 yang berasal dari kopi akan membantu daya bus London untuk pertama kalinya.” Bio-bean adalah perusahaan startup berbasis di London. Perusahaan Bio Bean telah memenangkan penghargaan inovasi dari Shell pada tahun 2013.