Presiden dan Ibu Negara Tiba di Medan

ilustrasi: Presiden Jokowi dan ibu negara Iriana turun dari pesawat kepresidenan Indonesia-1

Medan, Sayangi.com – Presiden Joko Widodo, Ibu Negara Iriana Joko Widodo beserta keluarga yaitu putra pertama Gibran Rakabuming, istrinya Selvi Ananda dan anak mereka Jan Ethes Srinarendra tiba di Medan Sumatera Utara pada Kamis.

Rombongan tiba di Bandara Kualanamu Medan dengan menumpang pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 20.40 WIB.

Di Sumatera Utara, rencananya Presiden akan meresmikan bandara internasional Silangit di Siborong-borong, penyerahan sertifikat tanah dan sejumlah agenda kerja lainnya.

Presiden juga akan menghadiri resepsi “ngunduh mandu” yang akan diselenggarakan oleh keluarga Bobby Afif Nasution.

Kahiyang Ayu, putri Presiden Joko Widodo yang menikah dengan Bobby Afif Nasution pada 8 November, sudah resmi menyandang marga Siregar setelah melakukan upacara “mangelehen marga” (penganugerahaan marga) pada Selasa (21/11) di Medan.

Namun Kahiyang baru diberikan marga Siregar, tetapi belum mendapatkan gelar adat. Gelar adat tersebut akan diterima Kahiyang dalam upcara adat di Tapian Raya pada Sabtu (25/11) dengan menaiki “Nacar” berupa pentas dengan tujuh tangga.

Dengan menerima marga Siregar, Kahiyang memiliki posisi, hak, dan tanggung jawab tersendiri dalam suku Mandailing sebagai “mora” bagi keluarga suaminya.

Sedangkan pada Minggu (26/11) rencananya akan ada kirab lengkap dengan kereta kencana yang akan dinaiki Kahiyang dan Bobby serta kedua keluarga.

Selain kereta kencana dan kuda, dalam kirab tersebut juga ada sejumlah becak bermotor, alat musik tradisional, serta musik tradisional Mandailing “Gondang Sambilan” yang ikut mengiringi. (An)