Setelah Dibui 39 Tahun Pria Ini Terbukti Tidak Bersalah

Kiri Craig Coley divonis karena dicurigai membunuh, pergi, dan baru-baru ini, kanan foto sekarang ini setelah pihak berwenang membebaskan karena ia tidak bersalah. Foto latetime.com
Kiri Craig Coley divonis karena dicurigai membunuh, pergi, dan baru-baru ini, kanan foto sekarang ini setelah pihak berwenang membebaskan karena ia tidak bersalah. Foto latetime.com

Los Angeles,Sayangi.com- Kebenaran bisa dikalahkan namun tak bisa disalahkan. Ungkapan tersebut kiranya benar saat Craigh Coley (70) tahun, ditangkap karena dituduh melakukan dua pembunuhan sekaligus.

Dikutip dari latetime.com (24/11) pada saat itu, polisi mengatakan bahwa itu adalah kejahatan paling keji yang pernah dilihat Simi Valley.

Seorang ibu muda, Rhonda Wicht, dipukuli, diperkosa dan dicekik dengan tali macrame di apartemennya. Sementara anak laki-lakinya (4 tahun), Donald, dicekik di tempat tidurnya hingga tewas  mungkin karena ia mungkin mengenali pembunuh ibunya.

Foto abc.net
Kasus yang salah tangkap.Foto ababc.net

Pada pagi hari di bulan November tahun 1978, kota pinggiran yang berpenduduk lebih dari 75.000 orang geger menyaksikan pembunuhan yang biadab itu.

Penyidik ​​dengan cepat memusatkan perhatian pada Craig Coley, anak seorang pensiunan polisi Los Angeles. Coley telah berkencan dengan korban berusia 24 tahun selama hampir dua tahun.

Coley, yang bekerja sebagai manajer malam di sebuah restoran, dinyatakan bersalah setelah menjalani persidangan kedua. Uji coba pertama menghasilkan juri yang tergantung setelah empat minggu melakukan musyawarah, dengan perbandingan 10-2 untuk menyatakan bersalah.

Seorang juri kedua menghukumnya pada tahun 1980 dari dua tuduhan pembunuhan tingkat pertama. Akibat tuduhan dia dijatuhi hukuman penjara seumur hidup tanpa kemungkinan pembebasan bersyarat.

Selama 39 tahun di balik jeruji besi, Coley mempertahankan kepolosannya. Sekarang, pihak berwenang mengatakan bahwa Coley tidak bersalah. Gubernur Jerry Brown pada hari Rabu mengampuni Coley.

Hampir 70 % temuan penyelidikan dalam beberapa tahun terakhir yang menyimpulkan bahwa dia telah salah vonis. Brown memerintahkan pembebasan segera Coley.

Polisi Simi Valley menganggap Coley adalah tahanan terpanjang di California yang diberi grasi. Menurut pengampunan tersebut, petugas kepolisian menganggap detektif yang semula menyelidiki kasus tersebut “salah penanganan penyelidikan atau “membidik” Coley. Rincian lebih lanjut tidak segera tersedia.

Michael Schwartz, seorang jaksa penuntut di kantor jaksa wilayah Ventura County, mengatakan pada hari Kamis bahwa agensinya telah “tidak menentukan pada saat ini bahwa seorang detektif terlibat dalam tindakan salah.

Namun kantor kami dan Departemen Kepolisian Simi Valey terus menyelidiki semua aspek kasus tersebut. Hal ini kami lakukan untuk menentukan apa yang terjadi dan siapa yang bertanggung jawab. ”

Coley tidak memiliki sejarah kriminal dan telah menjadi “contoh narapidana” selama penahanannya. Selama di bui ia menghindari gerombolan dan mendedikasikan dirinya pada agama, tulis Gubernur California Jerry Brown.

“Anugerah yang telah dialami Coley selama ini dalam penahanan yang panjang dan tidak adil ini luar biasa,”. Brown dengan suara gemetar mengatakan “Ini adalah harapan saya bahwa setiap dan semua individu yang bertanggung jawab atas pembunuhan Rhonda dan Donald Wicht dibawa ke pengadilan.”

Kepala Polisi Lembah Simi David Livingstone membuka kembali kasus Coley pada bulan Oktober 2016 setelah seorang detektif pensiunan mengemukakan kekhawatiran tentang apakah Coley bersalah.

Para penyelidik kemudian menemukan bahwa bukti kunci yang digunakan untuk menghukumnya mengandung DNA orang lain tapi bukan milik Coley.

Kemudia pada persidangan selnjutnya jaksa mengajukan bukti bahwa sebuah kendaraan yang mirip dengan Coley terlihat di apartemen Wicht pada malam pembunuhan tersebut. Bahwa handuk berdarah dan kaus ditemukan di rumah Coley dan dia merasa tertekan karena Wicht ingin bubar.

Tapi saksi menggambarkan Coley sebagai “ayah kedua” kepada Donald, dan ibu Rhonda Wicht mengatakan kepada wartawan bahwa keluarganya menganggap Coley sebagai anak mereka.

Pengacara pembela mengkritik polisi Simi Valley karena gagal menyelidiki tiga tersangka lainnya, menurut catatan berita saat itu. Dan Simi Valley Mirror, sebuah tabloid mingguan, menerbitkan laporan yang menyatakan bahwa penyidik ​​memiliki orang yang salah.

“Coley Benar-Benar Muncul Menjadi Manusia yang Salah,” satu tajuk halaman depan dibacakan selama persidangan. Sebuah editorial bernama pria lain diyakini sebagai tersangka dalam kasus tersebut.

Ventura County Dist. Atty. Gregory D. Totten dan Livingstone merilis sebuah pernyataan bersama pada hari Rabu yang mengatakan bahwa pihak berwenang telah membuka kembali kasus ini dengan harapan dapat menemukan pembunuh sebenarnya atau pembunuh.

Mereka menyebut kasus ini tragis dan berjanji untuk terus meninjaunya untuk menentukan apakah mereka dapat menentukan siapa yang membunuh ibu dan anak 39 tahun yang lalu itu.

“Kasus ini tragis,” kata pernyataan tersebut. “Seorang wanita yang tidak bersalah dan seorang anak kecil dibunuh. Craig Coley telah menghabiskan 39 tahun dalam tahanan untuk melakukan kejahatan yang kemungkinan besar tidak dilakukannya. Pembunuh sebenarnya masih berkeliaran dan pembunuh sesungguhnya belum diadili. ”