Hakim Kusno Resmi Gugurkan Praperadilan Setya Novanto

Hakim Kusno

Jakarta, Sayangi.com – Hakim Tunggal Kusno dalam sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis, memutuskan menggugurkan permohonan praperadilan yang diajukan oleh Setya Novanto mengenai penetapannya sebagai tersangka perkara korupsi dalam pengadaan KTP elektronik. Praperadilan otomatis gugur karena perkara pokok kasus Novanto telah disidangkan.

“Menetapkan menyatakan praperadilan yang diajukan pemohon di atas gugur,” ucap Kusno dalam putusannya di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), Jalan Ampera Raya, Jakarta Selatan, Kamis (14/12/2017).

Dalam pertimbangannya, Kusno menyebut, berdasarkan Pasal 82 ayat 1 huruf d KUHAP, praperadilan tersebut sudah seharusnya gugur. Selain itu, Kusno mempertimbangkan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 102/PUU/VIII/2016, yang memperjelas kapan gugurnya praperadilan.

“Memperhatikan bukti surat dari termohon, terbukti benar perkara pokok telah dilimpahkan,” ujar Kusno.

Komisi Pemberantasan Korupso (KPK) pertama kali menetapkan Setya Novanto sebagai tersangka kasus korupsi KTP elektronik pada 17 Juli 2017. Dia lalu mengajukan permohonan praperadilan mengenai penetapannya sebagai tersangka, dan hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Cepi Iskandar pada 29 September 2017 mengabulkan gugatannya, menyatakan bahwa penetapannya sebagai tersangka tidak sesuai prosedur.

KPK kembali menetapkan Setya Novanto sebagai tersangka perkara korupsi itu pada 10 November dan dia kembali mengajukan permohonan praperadilan berkenaan dengan penetapannya sebagai tersangka.

Berita Terkait

BAGIKAN