Blokade Laut Akan Menjadi ‘Strategi Perang’ Korea Utara

Foto Conservative Refocus
Foto Conservative Refocus

Pyongyang,Sayangi.com- Korea Utara pada hari Kamis memperingatkan akan mengambil langkah-langkah blokade laut “tanpa ampun guna membela diri” jika Amerika Serikat memberlakukan blokade angkatan laut.

Dikutip dari Reuters (12/15) Bagi Pyongyang latihan perang AS dan Korea Selatan di semenanjung Korea dilihat sebagai “tindakan perang”, kata media pemerintah Korut KCNA.

Pernyataan itu disampaikan jubir Kementerian Luar Negeri Korut melalui seorang juru bicara yang dipublikasikan kantor berita KCNA. Jubir tersebut juga mengatakan blokade angkatan laut akan menjadi “pertahanan liar” dari kedaulatan dan martabat negara tersebut.

Presiden A.S. Donald Trump mengambil “langkah yang sangat berbahaya dan besar menuju perang nuklir” dengan mencari blokade semacam itu, tambahnya. Tidak segera jelas apa proposal Amerika Serikat yang dimaksud Jubir ini.

“Jika Amerika Serikat dan para pengikutnya mencoba menerapkan blokade angkatan laut terhadap negara kita, kita akan melihatnya sebagai tindakan perang dan merespons dengan tindakan balasan pertahanan tanpa ampun seperti yang telah kita peringatkan berulang kali,” ungkap Jubir tersebut.

Korea Utara mengatakan dan bersumpah blokade angkatan laut akan menjadi ‘tindakan perang’.