Usai Gempa 7,3 Skala Richter, Laut Selatan Tasikmalaya Dinyatakan Normal

Ilustrasi Gempa. Foto Depositpost
Ilustrasi Gempa. Foto Depositpost

Jakarta,Sayangi.com- Gempa mengguncang sejumlah daerah di Pulau Jawa, Jumat (15/12/2017)tadi malam berpotensi Tsunami.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya menyampaikan kondisi laut di sepanjang pantai selatan Tasikmalaya sudah normal kembali.

Meski begitu, BMKG tetap memberikan pemantauan antisipasi tsunami. “Meski air laut terpantau normal, warga tetap akan di evakuasi,” kata Kepala BPBD Kabupaten Tasikmalaya Alfian kepada awak media Sabtu (16/12) dini hari.

Alfian menuturkan, gempa bumi berlokasi di barat daya Kabupaten Tasikmalaya yang terjadi tadi malam terjadi sekitar pukul 23.47 WIB. Meski situasi laut normal, pihak BPBD tetap memberlakukan seluruh warga yang tinggal di pesisir pantai untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Seperti diberitakan Antara, Ketua BPBD Kabupaten Tasikmalaya¬† mengatakan “Warga yang ada di sepanjang Pantai Cipatujah dan Cikalong sudah dievakuasi ke dataran yang lebih tinggi,”.

BPBD Tasikmalaya sudah menerjunkan personelnya untuk menanggulangi daerah terdampak gempa dan membantu warga yang sedang sakit. Terkait dengan kerusakan akibat dampak gempa sementara ini belum ada laporan jumlahnya.

“Kita masih lakukan pemantauan, belum ada laporan resmi jumlah kerusakan dan korban,” kata Alfian. Hingga berita ini diturunkan belum ada laporan berapa jumlah korban tewas dan luka.